TIPS KESEHATAN : Lakukan 10 Hal Sederhana Ini untuk Cegah Demensia

16 Februari 2017 17:15 WIB Lifestyle Share :

Tips kesehatan kali ini mengenai sepuluh cara sederhana mencegah demensia.

Solopos.com, SOLO – Demensia merupakan suatu gejala yang disebabkan oleh penyakit atau kelainan pada otak. Biasanya, demensia ini ditandai dengan terganggunya mental seseorang yang menyebabkan gangguan berpikir atau hilang ingatan.

Adapun salah satu bentuk penyakit demensia adalah alzheimer, penyakit ini ditandai dengan penurunan daya ingat manusia. Seperti dikutip Solopos.com dari Dailymail, Kamis (16/2/2017), penyakit yang menyebabkan demensia itu dapat dicegah.

Menurut peneliti di Amerika Serikat (AS), salah satu cara mencegah demensia adalah mengonsumsi buah anggur dua kali sehari selama enam bulan. Cara itu diyakini dapat meningkatkan kemampuan otak pada orang yang hilang ingatan di usia dini.

Demensia juga bisa dicegah dengan menerapkan 10 kebiasaan sederhana ini:

1. Mempergunakan otak
Semakin sering Anda menggunakan otak untuk berpikir, otak akan semakin baik dalam memproses informasi. Anda dapat melakukan suatu aktivitas yang memicu kinerja otak, contohnya dengan bermain game asah otak seperti Sudoku atau lainnya.

2. Berkeringat
Berkeringat tidak harus dengan cara yang berat, cara ringan pun bisa anda lakukan, seperti melakukan aktivitas sehari-hari.

3. Tidur cukup
Kebutuhan tidur untuk setiap orang berbeda-beda. Untuk orang dewasa, biasanya membutuhkan waktu tidur antara tujuh sampai sembilan jam per malam. Mengurangi jam tidur bisa berdampak besar pada daya ingat Anda.

4. Mengonsumsi buah dan sayur
Buah dan sayur yang berwarna cerah alami kaya akan antioksidan yang melindungi sel-sel dalam tubuh. Kekurangan vitamin A bisa mengganggu kinerja sel otak. Vitamin A terkandung dalam wortel, brokoli, dan avokad.

5. Kurangi stres
Stres dapat merusak sel otak dan hipokampus yang merupakan tempat penyimpanan memori pada otak. Istirahat secara teratur dan tidak memendam masalah dapat mengurangi stres.

6. Berpikir positif
Camkan pada diri sendiri bahwa Anda mempunyai hidup yang luar biasa. Berpikir positif dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan bahkan dapat mengurangi stres.

7. Mencium rosemary
Peneliti membuktikan mencium setangkup bau rosemary dapat membantu mengingat masa lalu dan hal-hal yang harus dilakukan di masa depan.

8. Berjemur
Peneliti membuktikan kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kinerja otak melemah. Berjemur di bawah sinar matahari pagi membantu tubuh kita memproduksi vitamin D.

9. Terhibur
Tertawa lepas tanpa beban merupakan hal penting untuk mencegah demensia, karena tertawa dapat mengurangi stres pada otak.

10. Mengatur hidup
Atur hidup anda dengan kebiasaan kecil yang berdampak besar, seperti menaruh barang-barang misalnya kunci di tempat yang sama setiap hari. Hal itu akan membantu Anda untuk mencegah demensia. (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)