TIPS KESEHATAN : Jangan Sepelekan Garis Putih di Kuku, Ini Alasannya

Garis putih pada kuku (Viral 4 Real)
22 Februari 2017 06:30 WIB Redaksi Solopos Lifestyle Share :

Tips kesehatan menjelaskan tanda putih di kuku.


Solopos.com, SOLO – Pernahkah Anda menemui garis kecil bewarna putih di ujung bawah kuku. Tanda tersebut ternyata punya arti khusus. Garis tersebut muncul bukan akibat kekurangan kalsium atau trauma kuku misalnya akibat terjepit pintu atau reaksi alergi karena cat kuku.

Tanda putih di kuku kadang muncul seiring tumbuhnya kuku. Jika seluruh badan kuku menjadi putih, maka ini pertanda munculnya masalah serius di tubuh. Anda dan sebaiknya konsultasikan hal ini ke dokter.


Ahli kesehatan sebagaimana dilansir Antara dari Thesun.co.uk, Selasa (21/2/2017), mengatakan tanda putih pada keseluruhan kuku bisa menjadi indikator kondisi kesehatan serius semisal sirosis, gagal ginjal, atau penyakit jantung. Tanda putih yang disebut punctate leukonychia itu bisa semakin besar seiring bertambahnya panjang kuku atau bahkan menghilang.


Sementara, jika tanda putih itu hanya tampak segaris atau hanya sedikit maka itu bisa menjadi isyarat rendahnya level protein dalam darah.


Tak hanya tanda putih, kebiasaan menggigiti kuku juga ternyata berhubungan dengan masalah kesehatan yakni infeksi dan gangguan kesehatan gigi.