HASIL PENELITIAN : Waspada, Orang Tua Bisa Wariskan Gen Obesitas ke Anak

Ilustrasi Obesitas (Daily Express)
22 Februari 2017 10:15 WIB Lifestyle Share :

Hasil penelitian menyimpulkan obesitas dapat diturunkan dari orang tua ke anak mereka.

Solopos.com, SOLO Obesitas merupakan penumpukan lemak yang sangat tinggi di dalam tubuh sehingga membuat berat badan berada di luar batas ideal. Dalam sebuah penelitian, gen orang  tua yang mengalami obesitas ternyata berpengaruh besar terhadap berat badan anak.

Sebuah penelitian membuktikan gen orang tua 40% memengaruhi anak berpeluang mengalami kelebihan berat badan. Peneliti melakukan pengujian dengan 100.000 anak di seluruh dunia, dengan menggunakan Body Mass Index (BMI) atau ukuran yang digunakan untuk menghitung  proposionalitas berat badan seseorang.

Seperti dilansir TheSun, Senin (20/2/2017), peneliti mendapati hasil yang konsisten di enam negara yang diteliti, yaitu Inggris, Spanyol, Meksiko, China, dan Indonesia.

Peter Dolton, pemimpin penelitian dari Universitas Sussex mengatakan, "data yang kami dapati berasal dari negara-negara dengan pola nutrisi dan obesitas yang sangat beragam. Termasuk populasi obesitas terbesar di Amerika Serikat (AS), dan dua negara paling sedikit populasi obesitas China dan Indonesia. Kami mendapati transmisi antargenerasi adalah sama di semua negara."

"Anak yang lahir dari orang tua yang mengalami obesitas akan lebih rentan terkena obesitas saat mereka tumbuh dewasa karena gen yang diwariskan oleh orang tuanya. Tidak hanya itu, gaya hidup juga berpengaruh pada berat badan anak," imbuh Peter Dolton.

Menurut penelitian, kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kesehatan, seperti kanker, jantung, dan diabetes. (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)