Begini Penjelasan Ilmiah Kenapa Wanita Tidak Mudah Jatuh Cinta

23 Februari 2017 13:30 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips cinta kali ini tentang penyebab wanita tidak mudah jatuh cinta.

Solopos.com, SOLO – Apakah Anda percaya dengan cinta pada pandangan pertama? Beberapa orang mungkin mempercayai hal itu ada. Namun, ternyata hal tersebut sangat jarang dialami wanita. Mengapa demikian?

Dikutip Solopos.com dari laman Redbookmag, Rabu (22/2/2017), sebuah hasil studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Social Psychology menyebut cinta pada pandangan pertama merupakan hal wajar yang dialami kaum pria. Sementara, untuk kaum wanita, hal itu sangat terjadi karena pemikiran mereka yang lebih rumit.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 172 responden dari kaum pria dan wanita membuktikan, pria akan lebih mudah jatuh hati ketika melihat wanita dengan penampilan menarik. Pria biasanya mudah jatuh hati ketika melihat wanita cantik dengan penampilan menarik. Sementara wanita jarang sekali tertarik hanya dengan sekali melihat ketampanan seorang pria.

"Secara naluriah, wanita ingin melindung diri agar terhindar dari menjalin hubungan dengan pria yang salah. Itulah yang membuat mereka sulit jatuh cinta," tutur Marissa Harrison, salah satu peneliti yang ikut melakukan studi tersebut.

Sementara menurut Ira Hyman, seorang ahli psikologi ternama di Amerika Serikat menyebut cinta pada pandangan pertama sangat mungkin terjadi pada pria yang biasa melihat wanita dari penampilan. Sementara bagi wanita, penampilan bukan menjadi hal pertama yang membuat mereka tertarik kepada pria.

"Wanita memiliki pemikiran yang lebih rumit daripada pria. Mereka akan mempertimbangkan berbagai hal sebelum menjatuhkan hati kepada seseorang yang dicintai," tutur Hyman seperti dikutip dari Psychologytoday.

Selain penampilan, wanita biasanya akan mempertimbangkan berbagai hal seperti emosi, umur, status, finansial, keluarga, serta kecerdasan dari seorang pria. Bagi wanita, pria yang cerdas dan humoris biasanya lebih menarik dibandingkan mereka yang tampan.

Nah, itulah sebabnya mengapa wanita tidak mudah jatuh cinta, apalagi pada pandangan pertama. Kebanyakan dari mereka akan mempertimbangkan berbagai hal sebelum menjatuhkan hati kepada seorang pria. Hal itu tentu dilakukan untuk melindungi diri dari cinta yang salah. Sebab, wanita memiliki perasaan sensitif yang membuat mereka lebih mudah terluka.

Tokopedia