KISAH INSPIRATIF : Kreatif! Desainer Ini Sulap Sampah jadi Gaun Mewah

24 Februari 2017 22:40 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Kisah inspiratif kali ini tentang kreatifitas desainer yang menyulap sampah menjadi gaun mewah.


Solopos.com, MILAN – Selama ini, sampah dianggap sebagai benda tak berguna. Tapi, di tangan orang kreatif, sampah bisa menjadi barang bernilai seni tinggi. Bahkan, saat ini telah banyak orang yang mendaur ulang sampah menjadi benda bermanfaat, seperti baju, dompet, tas, dan aksesori lainnya.

Jeremy Scott, salah seorang perancang busana ternama di Amerika Serikat (AS) merancang gaun dari bahan sampah. Ia memamerkan koleksi baju sampah dari merek busana miliknya, Moschino, di gelaran Milan Fashion Week 2017, Kamis (23/2/2017), di Milan, Italia.

[caption id="attachment_796225" align="aligncenter" width="322"]http://images.harianjogja.com/2017/02/Salah-satu-gaun-sampah-rancangan-Jeremy-Scott-Instagram-@moschino.jpg">http://images.harianjogja.com/2017/02/Salah-satu-gaun-sampah-rancangan-Jeremy-Scott-Instagram-@moschino-322x320.jpg" alt="Salah satu gaun sampah rancangan Jeremy Scott (Instagram @moschino)" width="322" height="320" /> Salah satu gaun sampah rancangan Jeremy Scott (Instagram @moschino)[/caption]

Dalam pameran fesyen bergengsi itu, Scott menampilkan koleksi busana untuk menyambut musim gugur dan semi 2017 yang terbuat dari sampah, seperti kardus, selotip, plastik, tisu, serta berbagai jenis bungkus makanan. Meski terbuat dari sampah, Scott membuat semua gaun tersebut terlihat elegan.


"Aku ingin menunjukkan bahwa sampah yang dianggap tidak berguna bisa disulap menjadi gaun yang indah. Kita adalah apa kita yang pakai. Aku hanya berniat membuat orang lain bahagia dengan karyaku," tutur Jeremy Scott seperti dikabarkan Vogue, Jumat (24/2/2017).

[caption id="attachment_796224" align="aligncenter" width="281"]http://images.harianjogja.com/2017/02/Gaun-dari-sampah-rancangan-Jeremy-Scott-Instagram-@moschino.jpg">http://images.harianjogja.com/2017/02/Gaun-dari-sampah-rancangan-Jeremy-Scott-Instagram-@moschino-281x320.jpg" alt="Gaun dari sampah rancangan Jeremy Scott (Instagram @moschino)" width="281" height="320" /> Gaun dari sampah rancangan Jeremy Scott (Instagram @moschino)[/caption]

Dalam gelaran Milan Fashion Week 2017, Scott memamerkan belasan busana unik yang dirancang dari sampah daur ulang. Dalam kesempatan itu, tiga model top Amerika Serikat, Gigi Hadid, Bella Hadid, serta Kendall Jenner, mendapat kesempatan memeragakan busana berwarna krem yang dibuat dari material mirip kardus, lengkap dengan aksen selotip dan kardus bekas sebagai hiasan rambut.


Selanjutnya, Scott juga memamerkan gaun yang dirancang dari material seperti plastik hitam lengkap dengan aksesori bungkus makanan sebagai hiasan. Ia juga merancang gaun dari plastik bekas pembungkus baju yang dikenakan seorang model lengkap dengan gantungan baju sebagai hiasan kepala.

[caption id="attachment_796222" align="aligncenter" width="370"]http://images.harianjogja.com/2017/02/Seorang-model-mengenakan-gaun-sampah-rancangan-Jeremy-Scott-Vogue.com_.jpg">http://images.harianjogja.com/2017/02/Seorang-model-mengenakan-gaun-sampah-rancangan-Jeremy-Scott-Vogue.com_-370x223.jpg" alt="Seorang model mengenakan gaun sampah rancangan Jeremy Scott (Vogue.com)" width="370" height="223" /> Seorang model mengenakan gaun sampah rancangan Jeremy Scott (Vogue.com)[/caption]

Scott juga mendandani beberapa modelnya dengan beberapa aksesori unik seperti tutup sampah, roda sepeda, tempat tisu, serta tempat lilin sebagai hiasan kepala. Tak sampai di situ saja, ia juga membuat aksesori lain seperti tas dan domper dari bahan tisu gulung, kardus, koran, serta kaus kaki bekas. 


Tokopedia