TIPS ASUH ANAK : 5 Perlengkapan Ini Wajib Disiapkan Jelang Kelahiran Buah Hati

Ilustrasi popok bayi (Tokopedia)
28 Februari 2017 19:15 WIB Rini Yustiningsih Lifestyle Share :

Tips asuh anak kali ini tentang lima perlengkapan yang wajib ada menjelang kelahiran calon buah hati.

Solopos.com, SOLO – Kelahiran sang buah hati merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. Masa ini merupakan waktu yang paling meneganggan sekaligus menggembirakan bagi ibu hamil. Selain mempersiapkan fisik untuk menghadapi persalinan, banyak wanita hamil yang juga mempersiapkan https://www.tokopedia.com/p/ibu-bayi">perlengkapan bayi untuk calon buah hatinya.

Agar tidak terburu-buru, sebaiknya perlengkapan bayi itu dipersiapkan saat kehamilan memasuki usia ketuhuh. Karena, pada saat itu jenis kelamin bayi sudah bisa diidentifikasi melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG). Nah, tahukah Anda benda apa saja yang harus dipersiapkan menjelang kelahiran sang buah hati?

Dihimpun Solopos.com dari laman Baby Center, Selasa (7/2/2017), berikut beberapa perlengkapan bayi yang wajib ada untuk menyambut kelahiran sang buah hati:

Pakaian bayi

Pakaian bayi merupakan benda penting yang wajib diperhatikan. Jangan hanya tergiur dengan warna, motif, dan bentuk lucu dan unik. Anda juga harus memperhatikan kain yang digunakan untuk membuat pakaian tersebut. Sebaiknya, pilihlah pakaian berbahan katun yang menyerap keringat. Hindari pakaian berbahan polyester dan nylon.

Hindari pakaian yang terlalu banyak akseseori. Sebab, bisa jadi aksesori tersebut mengganggu pergerakan dan membuat kulit bayi teriritasi. Sediakanlah pakaian berbagai ukuran dalam jumlah banyak. Sebab, bayi mengalami pertumbuhan yang sangat cepat.

Bedungan

Selaian pakaian, bayi yang baru lahir juga membutuhkan bedungan (kain pembalut tubuh). Kain ini biasanya digunakan untuk membungkus tubuh bayi agar tetap hangat saat tidur. Biasanya kain yang digunakan untuk membedung adalah selendang. Selain untuk membedung, selendang juga bisa dipakai untuk menggendong. Tapi, jika ingin praktis, Anda bisa membeli bedungan instan.

https://www.tokopedia.com/p/ibu-bayi/perlengkapan-bayi/popok-diaper">Popok bayi

Sudah sangat lazim bayi yang baru lahir sering mengompol. Oleh sebab itu, Anda perlu menyediakan popok bayi dalam jumlah banyak. Jangan gunakan popok sekali pakai untuk bayi yang baru lahir. Popok jenis itu akan membuat kulit bayi lebih mudah teriritasi. Sebaiknya, pakaikanlah bayi Anda popok berbahan kain yang bisa di cuci. Sediakanlah popok tersebut dalam jumlah banyak.

Perlengkapan mandi

Perlengkapan mandi bayi tentu berbeda dengan milik orang dewasa. Sediakanlah sabun dan sampo kuhus bayi. Bukan hanya sabun dan sampo, Anda juga harus mempersiapkan ember khusus untuk memandikan bayi. Selain itu, Anda juga harus memiliki waslap yang digunakan untuk membasuh badan bayi ketika demam atau setelah mengompol.

Obat-obatan

Bayi yang baru lahir rentan penyakit, mulai dari demam, gatal-gatal, hingga iritasi. Oleh sebab itu, sediakanlah obat-obatan seperti minyak telon, minyak kayu putih, salep anti-iritasi, bedak, hingga alkohol di kotak obat.

Nah, itulah beberapa perlengkapan yang sebaiknya dipersiapkan untuk menyambut kelahiran si kecil. Semua perlengkapan bayi itu bisa Anda dapatkan di berbagai toko maupun supermarket. Tapi, bila tak ingin kerepotan, Anda bisa membeli semua perlengkapan bayi itu dari rumah dengan sekali klik di situs jual beli online Tokopedia. Tunggu apalagi, belanja online mudah dan cepat ya mulai dari http://www.tokopedia.com">Tokopedia.

 

 

 

Tokopedia