TIPS HIDUP SEHAT : Inilah Manfaat Makan Camilan saat Kerja di Malam Hari

Ilustrasi mengemil saat bekerja (Dailystar)
02 Maret 2017 00:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips hidup sehat kali ini tentang manfaat makan camilan sehat saat bekerja di malam hari.


Solopos.com, SOLO – Selama ini makan camilan dianggap membuat bobot tubuh seseorang bertambah, apalagi jika dikonsumsi saat malam hari. Faktanya, tak semua camilan membuat tubuh membengkak.

Camilan yang berisiko membuat bobot tubuh bertambah jika dikonsumsi pada malam hari adalah makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan gula. Sementara, camilan sehat yang bisa dikonsumsi di malam hari yaitu aneka makanan kaya protein dan lemak seperti kacang, cokelat, serta buah-buahan.


Pasalnya, bukan lemak yang membuat bobot tubuh meningkat. Tetapi, kandungan gula pada makananlah yang membuat Anda gemuk. Nah, jika Anda ingin mengemil di malam hari, maka lakukan saja. Tapi, tetap perhatikan kandungan makanan yang Anda konsumsi. Sebab, ternyata mengemil saat bekerja di malam hari memiliki segudang manfaat bagi tubuh.


Mau tahu apa saja manfaat mengemil saat bekerja? Simak ulasan yang dikutip Solopos.com dari Live Strong, Rabu (1/3/2017), berikut ini:


Meningkatkan konsentrasi
Makan camilan saat bekerja tentu akan menstimulasi kinerja otak untuk membuat pikiran lebih fokus. Saat perut kosong, maka kinerja otak ikut menurun, yang menyebabkan seseorang kurang konsentrasi. Hal ini bisa diatasi dengan makan camilan. Sebab, saat makan camilan, gerakan gigi yang mengunyah akan membuat pikiran lebih fokus.


Menambah energi


Tak hanya meningkatkan konsentrasi, makan camilan juga bisa menambah energi. Camilan mampu menambah bahan bakar yang terkuras saat tubuh melakukan pekerjaan. Menahan keinginan untuk makan camilan justru akan membuat nafsu makan semakin besar. Nah, jika ditahan, bisa jadi setelah pulang kerja Anda justru akan kalap dan mengonsumsi lebih banyak makanan.


Mengendalikan emosi
Makan camilan ternyata mampu mengendalikan emosi seseorang. Itulah sebabnya, banyak orang yang sedang marah meluapkan emosinya dengan makan. Nah, untuk menjaga suasana hati saat bekerja tetap bahagia, Anda perlu mengonsumsi camilan.


Menjaga kesehatan
Mengonsumsi camilan sehat saat bekerja di malam hari juga bisa mengurangi risiko terkena anemia. Sebab, sel darah merah biasanya tubuh akan memperbarui sel darah merah di waktu malam. Jika perut dibiarkan kosong, maka Anda tentu akan mengalami sakit kepala yang luar biasa karena kekurangan sel darah merah.