INFO KESEHATAN : Inilah 7 Keuntungan Berjalan Kaki

Ilustrasi berjalan kaki. (rd.com)
03 Maret 2017 14:15 WIB Lifestyle Share :

Info kesehatan, berjalan kaki memiliki 7 manfaat penting.

Solopos.com, SOLO — Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga termudah yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Seiring kemajuan teknologi dan maraknya kendaraan, orang semakin jarang berjalan kaki.

Seperti dilansir boldsky.com, Selasa (28/2/2017), inilah tujuh keuntungan yang bisa kita rasakan dengan rutin berjalan kaki.

1. Setelah 5 menit berjalan kaki, tubuh Anda akan penuh energi. Jadi, bahan-bahan kimia tertentu yang ada di dalam tubuh akan dikeluarkan menjadi sel. Bahan-bahan kimia yang dikeluarkan tersebut akan menghasilkan energi dan meningkatkan kemampuan berjalan kaki anda.

2. Denyut jantung Anda akan meningkat (dari 70-100 detak jantung per menit). Hal itu akan memompa lebih banyak darah ke otot jantung. Ketika Anda meningkatkan kecepatan berjalan kaki, denyut jantung dan jumlah kalori yang terbakar meningkat.

3. Persendian Anda mulai mengeluarkan pelumas untuk mengurangi kekakuan dan membuat Anda berjalan dengan mudah. Pembuluh darah mulai sedikit mengembang untuk mendapatkan lebih banyak darah ke otot jantung yang bekerja lebih giat.

4. Setiap menit, tubuh Anda membakar sekitar 5-6 kalori selama berjalan kaki. Biasanya, ketika Anda beristirahat, hanya satu kalori yang terbakar per menit. Ketika melanjutkan berjalan kaki, tubuh Anda akan menggunakan karbohidrat dan lemak sebagai bahan bakar.

5. Suhu tubuh sedikit meningkat, mungkin Anda mulai berkeringat. Jika Anda meningkatkan kecepatan saat berjalan kaki akan membakar sekitar 7 kalori per menit. Hormon seperti glukagon dan epinefrina dihasilkan untuk menguatkan otot-otot.

6. Jika tetap berjalan kaki selama lebih dari 20-30 menit, tubuh Anda akan mulai merasa rileks karena ketegangan sudah dilepaskan. Hormon endorfin yang dikeluarkan membuat Anda merasa baik. Ketika lemak mulai terbakar, kadar hormon insulin menurun.

7. Setelah selesai berjalan kaki, denyut jantung dan tingkat pernapasan Anda kembali normal. Tetapi mekanisme pembakaran kalori Anda akan tetap aktif selama lebih dari satu jam. (Gabriella Yoanita Pratiwi/JIBI/Solopos.com)

Tokopedia