TIPS KESEHATAN : Hati-Hati, Terlalu Sering Pakai Tusuk Gigi Berbahaya

Ilustrasi memakai tusuk gigi (Youtube)
06 Maret 2017 23:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips kesehatan kali ini tentang bahaya yang timbul karena terlalu sering memakai tusuk gigi.


Solopos.com, SOLO – Bagi sebagian orang, kehadiran tusuk gigi di meja makan adalah sebuah kewajiban. Benda kecil ini biasa dipakai untuk menghilangkan sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi. Namun, tahukah Anda menggunakan tusuk gigi ternyata berbahaya?

Menurut beberapa ahli kesehatan gigi, pemakaian tusuk gigi untuk mengilangkan makanan yang tersangkut di gigi bukan cara yang benar. Jika digunakan secara berkala, benda itu membuat seseorang mengalami ketergantungan.


Mau tahu, apa saja masalah yang disebabkan terlalu sering memakai tusuk gigi? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Senin (6/3/2017), berikut ini:


Menyebabkan abrasi
Tusuk gigi memang bisa dipakai untuk mengangkat sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi. Namun, tanpa disadari hal itu justru akan merusak lapisan email gigi. Jika dipakai secara terus menerus, lapisan email akan terkikis dan membuat gigi menjadi rapuh.


Penyakit gusi
Pemakaian tusuk gigi secara terus menerus bisa menimbulkan penyakit gusi. Sebab, saat mengangkat sisa kotoran di gigi, tanpa sengaja gusi juga akan terkena sogokan tusuk gigi yang keras. Hal itu bisa membuat gusi bengkak bahkan berdarah. Jika tidak diobati dengan tepat, Anda akan mengalami sakit gigi.


Membuat gigi longgar
Mengangkat makanan yang tersangkut di sela-sela gigi justru akan melonggarkan jarak antara gigi. Jika dilakukan secara terus menerus, lama kelamaan jarak antar gigi semakin longgar, bahkan terlihat seperti ompong. Hal itu tentu akan membuat makanan berukuran lebih besar tersangkut.


Merusak akar gigi
Bukan hanya membuat gigi longgar. Terlalu sering memakai tusuk gigi ternyata bisa merusak akar gigi. Jika akarnya rusak, maka seseorang akan mengalami nyeri yang luar biasa. Pemakaian tusuk gigi untuk mengangkat sisa makanan pada gigi geraham juga bisa membuatnya berlubang. Jika dilakukan secara terus menerus, maka lubang di gigi itu akan bertambah besar.


Bau mulut
Memakai tusuk gigi untuk mengangkat sisa makanan di sela-sela gigi ternyata bisa menimbulkan bau mulut. Makanan yang terjebak di sela-sela gigi dalam waktu lama tentu akan membusuk. Nah, saat makanan tersebut berhasil diangkat, maka makanan itu akan membuat napas berbau tak sedap.