TAHUKAH ANDA? : Cara Asuh Seperti Ini Bisa Bikin Anak Jadi Nakal

Ilustrasi asuh anak (Dailymail.co.uk)
08 Maret 2017 14:10 WIB Redaksi Solopos Lifestyle Share :

Cara mengasuh anak tentu mempengaruhi banyak aspek untuk kehidupannya di masa yang akan datang.

Solopos.com, SOLO -- Mengasuh anak memang susah-susah gampang. Terkadang, memberi teladan saja tidak cukup untuk menghindarkan anak dari sifat-sifat buruk. Perlu usaha komprehensif agar anak dapat terbentuk menjadi pribadi yang baik.

Melansir Popsugar, Rabu (8/3/2017), ada banyak kenakalan anak yang diakibatkan oleh orangtua. Penyebabnya bisa jadi karena banyak hal yang tidak disadari oleh kebanyakan orangtua.

Berpikir anak hanya mengekspresikan diri Jika anak menggigit, merengek, atau memukul, Anda hanya mengatakan kepada diri sendiri, "Nah, itulah tingkah balita, fase itu akan berlalu.” Padahal, ini adalah masalah yang mendatangkan konsekuensi.

Untuk mencegah itu, orangtua bisa memeluk anak lalu mengatakan, “Oh sayang, kenapa kau menggigitku? Apa kamu marah?” Apabila orangtua menganggap perilaku anak ini wajar, maka sampai besar mereka juga terbiasa melakukannya dan tidak merasa salah.

Tidak membiarkan anak tumbuh Beberapa orangtua enggan melihat anaknya tumbuh. Maksudnya, orangtua terus menganggap anak-anak masih kecil dengan tidak memberi mereka tanggung jawab dan hidup mandiri. Sehingga anak menjadi manja serta tak mampu mengatasi masalah mereka.

Menyalahkan hal lain Memang tak adil ketika anak bersikap nakal karena pengaruh televisi tetapi, orangtua menyalahkan acara televisinya. Meski kenakalan anak karena pengaruh sesuatu, maka itu menjadi tanggung jawab orangtua untuk mengawasi dan membatasi tontonan anak.

Tokopedia