TIPS CANTIK : Begini Cara Ampuh Usir Jerawat Membandel di Telinga

Ilustrasi jerawat di telinga (Doctorshealthpress.com)
09 Maret 2017 05:30 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips cantik kali ini tentang cara ampuh mengusir jerawat membandel di telinga.


Solopos.com, SOLO – Tak melulu di wajah, jerawat ternyata bisa timbul di bagian tubuh manapun, mulai dari dagu, punggung, hingga telinga. Sama seperti pada umumnya, jerawat yang tumbuh di daerah tak lazim itu tentu akan menimbulkan rasa sakit. Apalagi, jika jerawat itu tumbuh di bagian dalam daun telinga.

Timbulnya jerawat di telinga itu disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres, ketidakseimbangan hormon, serta kebersihan telinga yang kurang terjaga. Nah, guna mengatasi masalah ini, seseorang biasanya akan memencet jerawat tersebut. Namun, tindakan itu ternyata justru memperparah kondisi telinga.


Jari tangan yang dipakai untuk memencet bisa saja tercemar bakteri yang memperparah kondisi jerawat. Lantas, bagaimana cara aman yang ampuh untuk mengatasi kondisi tersebut? Dihimpun Solopos.com dari Live Strong, Rabu (8/3/2017), berikut cara ampuh yang bisa dilakukan untuk mengusir jerawat di dalam daun telinga:


Membersihkan daun telinga
Penyebab utama timbulnya jerawat di telinga adalah kurang bersihnya area tersebut. Oleh sebab itu, langkah awal yang harus dilakukan untuk membersihkan jerawat adalah dengan membersihkan daun telinga. Caranya, cuci daun telinga dengan sabun pembersih wajah disertai pijatan lembut, kemudian bilas dengan air bersih. Sebaiknya, jangan pakai sabun mandi karena kandungan bahan di dalamnya justru akan memperparah kondisi jerawat.


Mengompres daun telinga
Setelah dibersihkan, kompres daun telinga dengan lap yang dibasahi dengan air hangat. Pastikan kondisi lap tersebut tidak terlalu basah. Sebab, air pada lap basah itu bisa saja masuk dan membuat pendengaran terganggu. Kompres telinga selama 15 menit, kemudian keringkan dengan handuk bersih.


Mengoleskan alkohol
Selanjutnya, oleskan alkohol pada jerawat tersebut. Sebaiknya pakailah cotton bud yang bersih untuk membantu melakukan pekerjaan ini. Alkohol bersifat antiseptik yang mampu membuat jerawat cepat kering.


Mengoleskan salep khusus jerawat
Terakhir, oleskan salep khusus jerawat agar jerawat membandel itu segera hilang. Selain salep khusus jerawat, Anda juga bisa memakai minyak zaitun dan minyak pohon teh untuk mengatasi jerawat.


Selanjutnya, agar jerawat tidak kembali lagi, Anda harus lebih memperhatikan kebersihan telinga serta rambut, khususnya bagi pemilik rambut panjang. Sebab, kondisi rambut panjang yang sering digerai bisa membuat telinga menjadi lembap. Selain itu, jika rambut dibiarkan dalam kondisi kotor untuk waktu yang lama, maka bisa saja kotoran tersebut masuk ke telinga dan menimbulkan jerawat.