TIPS KECANTIKAN : Perhatikan 3 Hal Ini sebelum Melakukan Eyelash Extension

Ilustrasi eyelash extension (Cleostyle.com)
09 Maret 2017 23:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips kecantikan kali ini tentang tiga hal yang perlu diperhatikan sebelum menyambung bulu mata.


Solopos.com, SOLO – Memiliki bulu mata yang panjang dan lentik merupakan kebanggaan tersendiri bagi para wanita. Sayangnya, tidak semua wanita terlahir dengan bulu mata yang indah. Oleh sebab itu, banyak wanita yang memakai bulu mata palsu dan maskara demi mendapat tampilan yang sempurna.

Namun, cara tersebut kadang kala dianggap merepotkan. Sebab, jika tidak berhati-hati, bulu mata palsu itu bisa copot kapan saja. Nah, seiring dengan perkembangan zaman, ada cara mudah dan praktis untuk memiliki bulu mata panjang, tebal, dan lentik. Cara tersebut adalah dengan menyambung bulu mata (eyelash extension).


Menyambung bulu mata dianggap lebih praktis lantaran tak perlu repot memasang bulu mata palsu lagi. Perawatan ini biasanya ditawarkan di berbagai salon kecantikan. Caranya yakni dengan memasang helaian bulu mata sintetis satu persatu ke bagian mata. Hanya dalam waktu beberapa jam, bulu mata akan tampak lebih indah dari sebelumnya.


Kendati demikian, bulu mata hasil sambungan ini bisanya akan bertahan dalam waktu tiga sampai enam pekan. Setelah itu, bulu mata tersebut harus diganti dengan yang baru. Meski terbilang praktis, rupanya penyambungan bulu mata palsu ini memiliki risiko bagi kesehatan mata.


Dihimpun Solopos.com dari Purewow, Kamis (9/3/2017), pakar kesehatan dari The American Academy of Ophthalmology mengatakan menyambung bulu mata bisa menimbulkan infeksi pada kornea dan kelopak mata. Infeksi itu biasanya disebabkan akibat alergi terhadap lem yang dipakai.


Selain itu, menyambung bulu mata juga bisa menyebabkan rontoknya bulu mata asli. Sebab, proses penyambungan tersebut tentu akan merusak folikel bulu mata. Hal itu akan menghambat pertumbuhan bulu mata asli. Oleh sebab itu, perhatikan beberapa hal berikut saat akan melakukan penyambungan bulu mata:


Perhatikan kondisi mata
Sebelum menyambung bulu mata, pastikan terlebih dahulu kesehatan mata. Apabila mata Anda termasuk dalam kategori sensitif, sebaiknya urungkan niat untuk melakukan perawatan itu. Mata yang sensitif lebih berisiko terinfeksi.


Pilih perawatan yang aman
Setelah memastikan mata dalam kondisi sehat dan normal, pilihlah perawatan yang aman. Konsultasikan kepada dokter kecantikan khusus sebelum menyambung bulu mata. Jangan pernah melakukan perawatan itu di salon abal-abal yang menawarkan harga murah. Sebab, perawatan yang murah terkadang lebih berbahaya.


Tentukan jenis bulu mata
Jika telah menemukan salon yang tepat, selanjutnya pilihlah bulu mata yang akan dipasang di kelopak mata. Pastikan bulu mata itu terbuat dari bahan yang lembut dan alami, seperti sutra atau bulu. Namun, jika terpaksa memakai bulu mata sintetis, perhatikan teksturnya. Jika bulu mata itu terlalu kaku, sebaiknya jangan dipasang. Akan lebih baik jika Anda mencari tahu terlebih dahulu tentang bahan bulu mata yang hendak dipasang.

Tokopedia