TIPS KEPRIBADIAN : Inilah 5 Cara Mendongkrak Rasa Percaya Diri

Ilustrasi kepercayaan diri (countryliving.co.uk)
11 Maret 2017 21:30 WIB Lifestyle Share :

Tips kepribadian kali ini tentang lima cara meningkatkan kepercayaan diri.

Solopos.com, SOLO — Tak semua orang memiliki rasa percaya diri, padahal kepercayaan diri sangat penting karena adanya berbagai manfaat bagi manusia.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah studi tentang pemindaian otak, saat seseorang memiliki kepercayaan diri maka orang itu akan lebih tangguh dan tidak akan terluka saat mengalami penolakan atau kegagalan. Selain itu, orang tersebut juga akan terhindar dari rasa cemas.

Seperti dilansir countryliving.co.uk, Rabu (8/3/2017), berikut ini lima cara meningkatkan rasa percaya diri:

1. Gunakan Pernyataan Postif
Gunakanlah pernyataan positif yang realistis dan dapat lebih dipercaya sebagai sebuah motivasi seperti: "Aku akan bekerja keras agar bisa sukses." Hal tersebut dipercaya dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

2. Identifikasi dan Kembangkan Kemampuan
Identifikasi dan kembangkanlah berbagai bakat tersembunyi yang ada dalam diri Anda. Selain itu carilah berbagai peluang dan karier yang akan menunjukkan kemampuan tersebut. Saat Anda melakukan suatu kegiatan sesuai dengan bakat yang Anda punya, kepercayaan diri akan meningkat.

3. Belajar Menerima Kritik
Sebuah kritik negatif memang membuat seseorang merasa buruk. Namun sebenarnya kritik negatif seperti itu sangat diperlukan oleh semua orang. Saat dikritik, Anda dapat meresponsnya dengan mengucapkan, "Terima kasih atas kritikan Anda." Ketika respons sederhana itu selalu dilakukan, maka Anda semakin berani menerima kritikan dan rasa percaya diri anda akan meningkat dengan sendirinya.

4. Jangan Kritik Diri Sendiri
Seseorang yang kurang memiliki kepercayaan diri biasanya akan menilai dan mengkritik dirinya sendiri. Namun ternyata hal tersebut sangat tidak baik.Tak ada seorang pun yang bisa menilai dirinya sendiri. Berhentilah melakukan hal seperti itu dan mintalah bantuan orang lain untuk menilai diri Anda. Hal tersebut dipercaya akan meningkatkan kepercayaan diri.

5. Tunjukkan Kualitas
Kurangnya rasa percaya diri dapat disebabkan oleh sebuah kegagalan. Hal tersebut membuat seseorang merasa seperti tidak memiliki kualitas. Untuk memperbaikinya, seseorang dapat menuliskan daftar kualitas yang sebenarnya dia miliki. Selain itu, tulis juga alasan yang membuat orang lain menganggap kualitas tersebut penting dan dapat dihargai. Lakukan kegiatan itu setiap hari agar rasa percaya diri meningkat. (Gabriella Yoanita Pratiwi/JIBI/Solopos.com)

Tokopedia