TIPS ASUH ANAK : Begini Cara Efektif Mengasuh Si Anak Sulung

Ilustrasi mengasuh anak (everydayfamily.com)
21 Maret 2017 14:15 WIB Rohmah Ermawati Lifestyle Share :

Tips asuh anak kali ini tentang cara efektif mengasuh anak pertama.

Solopos.com, SOLO — Memiliki buah hati merupakan dambaan pasangan yang telah menikah. Setelah mempunyai anak, tanggung jawab suami istri bertambah sehubungan dengan pengasuhan dan memenuhi segala kebutuhan si kecil.

Seirig bertambahnya usia anak, orang tua baru seringkali khawatir dengan tumbuh kembang sang buah hati. Bisa jadi hal itu disebabkan orang tua belum berpengalaman tentang pengasuhan dan cara efektif mendidik anak. Akibatnya, orang tua cenderung overprotective terhadap anak pertama.

Berikut ini tujuh efektif mengasuh anak sulung, seperti dikutip Solopos.com dari Vogue, Sabtu (11/3/2017):

1. Jangan terlalu merasa bersalah jika Anda terpaksa meninggalkan anak Anda bekerja. Temui dan ajak anak Anda bermain selagi Anda punya waktu.

2. Lakukan aktivitas sehari-hari dengan melibatkan anak Anda seperti makan, berbelanja, menata meja makan, dan sebagainya. Sempatkan waktu mendongeng untuk si kecil sebelum tidur.

3. Jangan terlalu khawatir dengan pertumbuhan anak Anda. Setiap anak mempunyai perkembangan yang berbeda-beda, jadi jangan membanding-bandingkan putra Anda dengan anak orang lain. Ingat pertumbuhan anak bukan merupakan sebuah kompetisi.

4. Selalu ajak anak Anda bicara dari ke hati. Gunakan tata bahasa yang baik sehingga anak Anda akan belajar cara berkomunikasi secara tepat. Ajarkan sopan santun terhadap anak Anda pada usia muda agar mereka mampu menghargai orang lain.

5. Ajarkan anak Anda kemandirian, dimulai dengan melakukan hal-hal kecil untuk dirinya sendiri. Biasakan anak melakukan sendiri saat berpakaian, makan, mandi, dan sebagainya. Dengan cara ini anak Anda akan merasakan arti kehidupan yang sebenarnya di usia muda.

6. Ajak anak Anda bercerita. Jangan sembunyikan sesuatu dari Anak anda, terbukalah dan jujur dengan anak Anda. Dengan itu anak Anda akan merasa aman saat berkomunikasi dengan Anda.

7. Ajarkan anak Anda untuk hidup dengan cinta. Pola pengasuhan dengan cinta akan membuat anak Anda akan tumbuh dengan kekuatan dan motivasi kuat untuk mewujudkan mimpi mereka. (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)