TAHUKAH ANDA? : Sederhana, Begini Cara Mudah Mengetes Kualitas Telur

Ilustrasi mengetes kondisi telur. (istimewa)
23 Maret 2017 09:00 WIB Lifestyle Share :

Tahkah Anda? Cukup mudah mengetahui telur dalam keadaan bagus atau tidak.

Solopos.com, SOLO — Tak mudah membedakan konisi telur yang masih bagus dengan telur yang sudah rusak atau busuk secara kasatmata. Namun, ada cara mudah yang bisa Anda terapkan untuk membedakan telur berkualitas baik dan buruk.

Seperti dilansir Thesun, Minggu (19/3/2017), cara mengetahui kualitas telur adalah dengan merendam telur dalam air. Begini langkah-langkah untuk mengesek kondisi telur sebelum Anda konsumsi:

1- Rendam telur dalam wadah berisi air dingin. Bila telur yang masuk dalam air terlihat dengan posisi sejajar antara kedua ujungnya, tandanya telur tersebut masih segar.

2- Apabila telur masuk dalam air dengan posisi ujung tumpul sedikit mengambang dan ujung runcing menyentuh dasar air, berarti telur sudah tidak terlalu segar namun masih bisa diolah.

3- Bila ujung tumpul pada telur terlihat mengambang drastis namun ujung runcing masih menyentuh dasar air, artinya kondisi telur tersebut masih cukup bagus namun harus segera diolah.

4- Dan apabila telur direndam namun mengambang ke permukaan, kondisi telur tersebut sudah busuk dan tidak boleh dikonsumsi.

Selain langkah-langkah di atas, masih ada cara lain yang bisa diaplikasikan untuk mengetahui kondisi telur, yakni:

a. Soroti dengan Senter

Bila disorot dengan senter atau lampu, telur berwarna terang dan jernih berarti telur dalam keadaan bagus. Namun sebaliknya, jika berwarna buram, maka tandanya telur dalam keadaan sudah tidak bagus.

b. Pecahkan Telur

Pecahkan telur di piring dan amati kuning telurnya. Jika kuning telur berbentuk bulat sempurna dengan dilapisi albumin tebal, berarti telur tersebut masih segar. Sebaliknya, jika kuning telur terlihat melorot dan dan albumin tampak transparan, berarti kondisi telur tidak terlalu bagus namun masih bisa diolah. Sedangkan jika kuning telur sudah tidak berbentuk dan albumin tampak encer, berarti telur tersebut sudah busuk dan tidak bisa dikonsumsi. (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)