Simak 7 Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi Asam Jawa (Wives Connection)
23 Maret 2017 13:15 WIB Lifestyle Share :

Tips kesehatan mengenai manfaat asam jawa.

Solopos.com, SOLO— Asam jawa, buah yang tumbuh dari pohon bernama latin Tamarindus indica, tidak hanya dapat menambah cita rasa untuk masakan. Buah berwarna cokelat yang rasanya masam ini juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Asam jawa merupakan sumber vitamin C, vitamin B, zat besi, potasium, magnesium, dan fiber. Selain itu, asam jawa juga memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, yang dapat membantu dalam pengobatan alami dan pencegahan beberapa masalah kesehatan. Berikut manfaat asam jawa untuk kesehatan sebagaimana dilansir Boldsky, Sabtu (18/3/2017):

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Asam jawa merupakan sumber vitamin B (niacin), yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

2. Menurunkan Berat Badan

Asam hidroksisitrat yang terkandung dalam asam jawa dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan asam hidroksisitrat pada asam jawa juga dapat membantu mengurangi nafsu makan.

3. Mencegah Kanker

Tidak hanya antioksidan, asam jawa juga mengandung asam tartarat yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

4. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Asam jawa yang kaya akan kandungan zat besi dan potasium sehingga dapat membantu mengontrol tekanan darah dan menstabilkan produksi sel darah merah.

5. Mengendalikan Diabetes

Asam jawa dapat membantu produksi insulin sehingga dapat menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Asam jawa merupakan sumber tinggi protein. Protein dalam asam jawa dapat membantu pembentukan antibodi yang bertugas melawan virus dan bakteri berbahaya dalam tubuh.

7. Mencegah Sembelit

Karena mengandung serat yang tinggi, asam jawa bisa membantu mengatasi sembelit dan melancarkan pencernaan. Asam jawa juga mengandung agen laksatif yang dapat membantu memperlancar buang air besar. (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)