TIPS MEMASAK : Begini Cara Tepat Mengolah Pasta nan Lezat

Ilustrasi pasta (goodtoknow)
27 Maret 2017 14:15 WIB Rohmah Ermawati Lifestyle Share :

Tips memasak kali ini tentang cara tepat memasak pasta.

Solopos.com, SOLO — Memasak pasta terhitung mudah dan praktis, bahkan sudah tersedia dalam kemasan instan. Selain gampang disajikan, makanan olahan yang berasal dari Italia itu rasanya cukup bersahabat dengan lidah orang Indonesia.

Pasta seperti dikutip dari wikipedia, Senin (27/3/2017), berasal dari bahasa Italia pasta alimentare yang berarti adonan bahan makanan. Pasta dibuat dari campuran tepung terigu, olive oil, telur, dan garam yang membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk.

Pasta dijadikan berbagai hidangan setelah dimasak dengan cara direbus. Di Indonesia, jenis pasta yang populer misalnya spageti, makaroni, dan lasagna. Dalam bahasa Inggris, pasta adalah sebutan untuk berbagai jenis masakan dengan bahan utama salah satu jenis pasta yang diberi bumbu dan saus.

Seperti dilansir Thesun, Senin (13/3/2017), Harold McGee, pengarang yang sering menulis tentang kimia dan sejarah ilmu makanan dan memasak, membagikan cara memasak pasta yang benar seperti dilansir Cosmopolitan:

--Gunakan wajan teflon
Seringkali saat memasak pasta kita memakai panci, ternyata itu salah. Memasak pasta tidak harus membutuhkan air yang banyak. Memakai wajan teflon lebih dianjurkan karena dapat menghemat air. Permukaan wajan teflon yang lebar dan datar dapat mempercepat panas merata ke seluruh permukaan wajan teflon untuk mematangkan pasta dengan cepat.

--Masukkan pasta dahulu
Sebagian orang memasak pasta dengan merebus air dahulu baru memasukkan pasta, ternyata itu kurang tepat. Harold menganjurkan memasukkan pasta dahulu untuk menghindari penggumpalan pada pasta.

--Tuang air dingin
Setelah memasukkan pasta, langkah selanjutnya adalah menuangkan air dingin ke dalam wajan teflon yang berisi pasta. Dengan menuangkan air dingin, hal ini akan mencegah pasta saling menempel satu sama lain.

--Masak dengan api sedang
Rebus pasta dengan api sedang. Jangan lupa untuk sesekali mengaduk pasta yang Anda rebus. Pasta Anda akan matang dalam waktu sekitar 10 menit, pastikan air sisa rebusan pasta mengental. (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)