HASIL PENELITIAN : Tidur Siang Sebentar Saja Bisa Bikin Orang Bahagia

01 April 2017 16:00 WIB Lifestyle Share :

Tidur siang bisa membuat orang merasa bahagia.

Solopos.com, SOLO — Selama ini banyak orang tidak sempat untuk tidur siang karena banyaknya kesibukan. Namun menurut sebuah penelitian, tidur siang sebentar saja dapat membuat orang merasa bahagia.

Seperti dilansir The Telegraph, Jumat (31/3/2017), penelitian yang dilakukan oleh Richard Wiseman, profesor psikologi dari Universitas Hertfordshire, mendapati orang yang melakukan tidur siang meskipun hanya sebentar akan merasa dirinya lebih bahagia.

“Penelitian lama mengatakan bahwa tidur kurang dari 30 menit dapat membuat orang lebih fokus, produktif, dan kreatif. Dari penelitian baru ini, tidur sebentar saja juga dapat membuat orang lebih bahagia,” ujar Richard.

Penelitian dilakukan dengan melibatkan 1.000 responden yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu orang yang tidak tidur siang, tidur siang sebentar (kurang dari 30 menit), dan tidur siang lama (lebih dari 30 menit).

Hasil penelitian mendapati 66% dari orang yang melakukan tidur siang sebentar, merasa lebih bahagia. Sedangkan hanya 56% dari orang yang tidur siang lama yang merasa bahagia. Di samping itu, hanya 60% dari orang yang tidak melakukan siang mendapati dirinya bahagia.

Richard mengatakan banyak peneliti mengatakan tidur siang walaupun hanya sebentar, dapat meningkatkan kinerja tubuh. Richard juga mengatakan sudah banyak perusahaan yang menerapkan jam tidur siang untuk karyawannya, seperti perusahaan Google dan Ben & Jerry.

Rencananya, penelitian ini akan dipamerkan dalam Festival Penelitian Internasional Edinburgh.

“Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Richard Wiseman, kami akan menimbang perlu atau tidaknya mengenalkan kebijakan tidur siang di Festival Penelitian tersebut,” ujar Amanda Tyndall, Direktur Festival Penelitian Internasional Edinburgh. (Vega Della Septyanti/JIBI/Solopos.com)

Tokopedia