7 Perilaku Ini Bikin Anda Tak Disukai

Ilustrasi persahabatan (Berjibaku.com)
09 April 2017 21:45 WIB Lifestyle Share :

Ada tujuh perilaku yang bikin Anda tak disukai di dunia maya atau dunia nyata.

Solopos.com, SOLO – Saat berinteraksi dengan orang lain, Anda tentu ingin terlihat baik. Namun ada beberapa hal  sebaiknya Anda hindari jika tak ingin teman-teman menjauhi Anda.

Dikutip Solopos.com dari Antara, Minggu (9/4/2017), berikut 11 perilaku yang bisa membuat Anda tidak disukai orang, baik di dunia maya maupun dunia nyata:

Terlalu banyak berbagi foto di media sosial
Jika Anda adalah tipe orang yang mengunggah segala foto yang terjadi dalam kehidupan di media sosial, mulai dari bulan madu, kelulusan sepupu hingga foto peliharaan sekaligus dalam sehari, hentikan.

Studi pada 2013 menemukan mengunggah terlalu banyak foto di media sosial bisa mengganggu hubungan dengan teman di dunia nyata.

“Karena orang di luar teman dekat dan saudara tidak merasa terhubung dengan mereka yang selalu berbagi foto tentang kehidupannya,” kata David Houghton dari Birmingham Business School dalam rilis seperti dilansir Independent.

Terlalu banyak atau terlalu sedikit teman di media sosial
Dalam studi 2008, peneliti Michigan State University menemukan jumlah teman yang cukup aman agar profil Facebook Anda disukai adalah 300 teman.

Orang cenderung tidak suka pada profil Facebook yang hanya punya sekitar 100 teman, begitu pula lebih dari 300 orang.

Mengapa? “Individu yang punya terlalu banyak teman terkesan terlalu fokus di Facebook.”

Berbagi hal yang sangat pribadi sejak awal
Pada umumnya, orang bisa makin akrab setelah berbagi rahasia. Namun, psikolog mengatakan berbagi hal yang sangat pribadi sejak awal hubungan — misalnya membocorkan bahwa kakak Anda berselingkuh— bisa membuat Anda tidak disukai.

Kuncinya adalah berbagi hal yang sepantasnya, seperti hobi atau kenangan masa kecil yang membuat Anda terkesan sebagai orang yang hangat.

Selalu bertanya, tak pernah bicarakan diri sendiri
Orang cenderung tidak suka bila Anda tidak balas bercerita tentang diri sendiri ketika mereka mengungkapkan hal pribadi tentang diri mereka.

Meski orang yang pemalu bisa jadi memilih mendengarkan ketimbang bercerita tentang diri sendiri, pilihan itu bukan strategi bagus untuk mendekatkan diri dengan orang lain. Kedua belah pihak yang berinteraksi harus saling bercerita agar bisa lebih dekat.

Bersikap terlalu baik
Bersikap baik tentu membuat Anda makin disukai, tapi sains menunjukkan hal sebaliknya. Dalam sebuah eksperimen, berada dalam tim yang berisi orang-orang bersikap terlalu baik justru membuat orang terlihat buruk, ada juga yang curiga ada udang di balik batu.

Rendah hati tapi pamer
Sebagian orang bisa menyelubungi pamer diri dengan gaya rendah hati alias “humblebragging”.

Dalam sebuah studi, mahasiswa diminta menulis jawaban bila ditanya mengenai kelemahan mereka saat wawancara kerja. Lebih dari tiga perempat menjawab dengan gaya itu, biasanya mereka mengaku perfeksionis atau bekerja terlalu keras.

Tidak tersenyum
Sebuah eksperimen meminta orang-orang menilai foto seorang perempuan dalam keadaan tersenyum dan tidak tersenyum. Sebagian besar partisipan menyukai foto yang sedang tersenyum.

Selain itu, studi lain menunjukkan bahwa tersenyum saat pertama kali bertemu seseorang bisa membuat mereka akan mengingat Anda pada kemudian hari.