TIPS KESEHATAN : Lakukan 5 Hal Ini untuk Hindari Diabetes

Roti gandum dari gandum utum (rodalesorganiclife.com)
11 April 2017 01:00 WIB Muhammad Rizal Fikri Lifestyle Share :

Tips kesehatan kali ini tentang lima aktivitas untuk mencegah diri Anda terkena Diabetes

Solopos.com, SOLO – Diabetes atau Diabetes Mellitus merupakan penyakit yang menyebabkan tubuh tidak mampu memproduksi insulin dan menyebabkan insulin yang sudah ada tidak bekerja secara maksimal. Akibatnya kandungan glukosa dalam darah meningkat tak terkendali.

Dikutip Solopos.com, dari webmd.com, Senin (10/4/2017), kandungan glukosa dalam darah yang terlalu tinggi akan merusak pembuluh darah di ginjal, jantung, dan merusak sistem syaraf. Oleh karena itu diabetes bisa menjadi awal terjadinya gagal ginjal, serangan jantung, stroke, kebutaan, dan rusaknya syaraf-syaraf di kaki.

Untuk mencegah penyakit mengerikan itu, ada lima hal sederhana yang bisa dilakukan, dikutip dari mayoclinic.org, simak penjelasan tentang lima hal tersebut di bawah ini;

Lakukan aktivitas fisik secara rutin

Aktivitas fisik sangat berguna bagi tubuh. Melakukan aktivitas fisik seperti senam, berlari, dan berjalan dapat menurunkan berat badan, mengurangi kandungan gula dalam darah, dan membuat sensitivitas tubuh terhadap insulin menjadi lebih baik, sehingga kandungan gula dalam darah tetap normal.

Berdasarkan penelitian, olahraga aerobik dan latihan ketahanan adalah dua aktivitas fisik paling cocok untuk mencegah diabetes.

Konsumsi lebih banyak serat

Serat sangat baik bagi tubuh. Makanan berserat mengurangi resiko diabetes karena memperbaiki kontrol gula darah dalam tubuh. Selain itu makanan berserat mengurangi resiko serangan jantung. Mengonsumsi makanan berserat juga bisa memberi manfaat diet sehat karena efek kenyang yang diberikan makanan berserat akan mengurangi berat badan secara alami.

Konsumsi lebih banyak gandum utuh.

Gandum utuh adalah biji gandum yang belum diproses menjadi terigu. Sekarang produk gandum utuh sudah banyak dijual di toko-toko modern, sehingga lebih mudah didapatkan. Salah satu produk gandum utuh yang paling populer adalah oatmeal dan roti gandum.

Gandum utuh berfungsi untuk mengurangi resiko serangan jantung, mencegah diabetes tipe 2, dan menghindarkan diri dari obesitas.

Turunkan berat badan hingga ideal

Bagi Anda yang bertubuh besar karena kelebihan berat bada, fokuskan kegiatan pencegahan diabetes pada penurunan berat badan. Dalam sebuah penelitian, seorang bisa mengurangi kemungkinan terkeda diabetes sebesar 60% hanya dengan mengurangi 7% berat badannya dasn melakukan olahraga rutin.

Lima tips kesehatan untuk mencegah terkena diabetes itu bisa dimaksimalkan dengan mengonsumsi pelengkap makanan yang tepat, seperti gula nonkalori dan minuman rendah lemak dan bebas gula. Gula nonkalori yang bisa digunakan yaknihttp://www.konimex.com/product/vitamin/food-supplement/diasweet-sweetener-1#info"> Diasweet Sweetener, produk keluaran Konimex itu merupakan pemanis buatan rendah kalori. Produk ini tersedia dalam bentuk tablet dan bubuk.

Sedangkan minuman sehatnya adalah http://www.konimex.com/product/food/dietetic-snack/diasweet-litesip-healthy-drink#info]">Diasweet Litesip Healthy Drink. Minuman ini merupakan minuman rendah lemak, bebas gula. Tersedia dalam varian rasa buah dan sayur  minuman ini diklaim tinggi serat. Minuman kaya serat ini tentunya akan mensukseskan idet sehat anda agar tak terkena diabetes.