TIPS KECANTIKAN : 4 Bahan Ampuh Bersihkan Kotoran di Kuas Makeup

Ilustrasi kuas dan spons makeup (Fabbydeals.com)
22 April 2017 08:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips kecantikan kali ini mengulas tentang empat bahan yang ampuh membersihkan kotoran di kuas makeup.


Solopos.com, SOLO – Kecantikan dan kebersihan adalah dua hal yang saling berkaitan. Guna tampil cantik, seorang wanita tentu wajib menjaga kebersihan, terutama pada peralatan makeup.

Banyak wanita menganggap pengaplikasian makeup dengan kuas dan spons lebih praktis dan higienis daripada menggunakan tangan. Padahal, anggapan itu tak sepenuhnya benar. Sebab, jika kebersihannya tidak dijaga, alat tersebut justru akan menjadi sarang bakteri yang menimbulkan masalah kulit.


Oleh sebab itu, sebaiknya cucilah peralatan makeup setiap hari agar terhindar dari masalah kulit. Sebab, semakin jarang dibersihkan, kotoran yang melekat di kuas dan spons makeup itu akan sulit hilang. Kendati demikian, ternyata tidak semua jenis sabun cocok dipakai untuk membersihkan benda tersebut. Mau tahu apa saja bahan ampuh membersihkan aplikator makeup itu? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Kamis (20/4/2017), berikut ini:


Sampo bayi
Sampo bayi sangat ampuh membersihkan kotoran yang menempel pada kuas dan spons makeup. Berbagai bahan yang ada di dalam sampo tersebut sangat ringan dan tidak akan merusak helaian bulu pada kuas maupun busa spons. Cara membersihkannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu melarutkan satu sendok teh sampo bayi dalam 250 ml air leding. Kemudian, rendam kuas selama 30 menit, dan bilas dengan air bersih. Setelah itu angin-anginkan kuas sampai mengering.


Sabun mandi cair
Selain sampo bayi, sabun mandi yang berbentuk cair juga bisa dipakai mencuci spons dan kuas kosmetik. Caranya, larutkan satu sendok teh sabun mandi dalam 250 ml air untuk merendam. Tunggu selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.


Minyak kelapa dan zaitun
Minyak kelapa dan zaitun juga sangat ampuh melunturkan kotoran yang menempel pada alat aplikasi makeup. Meski tidak mengandung busa seperti sampo dan sabun, bahan alami itu ternyata bisa membersihkan sisa kosmetik yang menempel pada kuas.


Caranya, campurkan satu sendok teh minyak zaitun dan kelapa dengan 250 ml air untuk merendam kuas. Tunggu selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Tidak hanya membersihkan, bahan tersebut juga mampu menjaga kelembutan helaian bulu pada kuas.


Air jeruk nipis
Sama seperti minyak zaitun dan kelapa, perasan air jeruk nipis juga mampu meluruhkan kotoran yang menempel pada kuas dan spons kosmetik. Caranya, campurkan air perasan satu buah jeruk nipis dengan segelas air. Gunakan larutan itu untuk merendam kuas dan spons selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.


Itulah beberapa bahan yang ampuh dipakai meluruhkan kotoran pada kuas dan spons kosmetik. Setelah dicuci, keringkan kuas dalam posisi datar, bukan tegak. Sebab, mengeringkan kuas dalam posisi tegak justru akan melunturkan lem. Keringkan kuas dengan cara diangin-anginkan dalam ruangan, jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung. Menjemur kuas di bawah sinar matahari akan membuat kuas cepat rusak. Selamat mencoba. 


Tokopedia