TIPS KEUANGAN : Agar Tak Bokek di Akhir Bulan

Ilustrasi mengelola keuangan (Freemanav/ca.com)
05 Mei 2017 21:10 WIB Redaksi Solopos Lifestyle Share :

Tips keuangan memberikan Anda beberapa kiat agar tak bokek di akhir bulan.

Solopos.com, SOLO – Di awal bulan saat gaji diterima, banyak orang terlena dengan membelanjakan barang tak sesuai kebutuhan. Akibatnya, di akhir bulan, mereka bingung karena uang yang menipis di genggamannya.

Perilaku tersebut sering dilakukan oleh anak muda. Menurut Kepala Marketing Ikano Bank, Craig Fiddes, anak muda sering dikritik karena tidak mengerti dunia finansial.

Lantas apa yang bisa Anda lakukan agar tak terjadi hal tersebut. Berikut kiat-kiat untuk anak muda agar bisa bertahan dengan gaji yang tidak seberapa, seperti dilansir Antara dari Independent, Jumat (5/5/2017).

Perhitungkan hutang

Pertama, hindari hutang dalam jumlah besar. Saat mendapatkan uang, bayar dulu hutang yang besar seperti tagihan kartu kredit. Jangan tergoda dengan penawaran menarik yang membuat Anda jatuh terjebak dalam hutang yang lebih dalam.

Menabung walau sedikit

Setelah membayar hutang yang besar, Anda harus berkonsentrasi menabung untuk biaya tak terduga, misalnya memperbaiki motor rusak, kata CEO evestor.co.uk Anthony Morrow.

"Ingatlah, dana tak terduga akan membuat Anda tenang tak peduli seberapa sedikit jumlahnya."

Setelah dana darurat siap, investasikan tabungan Anda untuk mendapat hasil jangka panjang yang lebih baik.

Minta bantuan orang tua

Meski orang tua-mu bukan dari kalangan kaya raya, galilah informasi dari mereka mengenai pengalaman finansial. Pengalaman adalah guru terbaik, jangan sampai Anda mengulangi kesalahan yang pernah mereka lakukan.

Tabung dana pensiun

Mulai menabung dana pensiun adalah salah satu cara terbaik bagi anak muda untuk membangun keuangan stabil di masa depan. Jika gaji Anda otomatis dipotong untuk pensiun, coba perhitungkan apakah Anda bisa membayar lebih tiap bulan agar hasilnya lebih besar kelak.

Mulai dari hal kecil

Mulailah mengatur uang dari bulan ini. Apakah pengeluaran Anda lebih besar dari pendapatan? Coba unduh aplikasi gratis yang bisa mempermudah Anda menghitung bujet secara sederhana.