HASIL PENELITIAN : Penyuka Buku Cenderung Lebih Ramah

JIBI/Solopos/Ardiansyah Indra KumalaAnak-anak membaca buku di Perpustakaan Kampung di Mutihan, Sondakan, Laweyan, Solo, Senin (3 - 3). Perputakaan yang bertujuan mencerdaskan masyarakat sekitar dan menumbuhkan budaya gemar membaca tersebut buka setiap hari Senin/Sabtu mulai pukul 14.00/16.30 wib.
09 Mei 2017 23:45 WIB Redaksi Solopos Lifestyle Share :

Hasil penelitian menyebutkan penyuka buku cenderung lebih ramah.

Solopos.com, SOLO – Menurut hasil penelitian, orang yang gemar membaca buku cenderung lebih ramah. Rutin membaca membuat seseorang lebih ramah dan berempati.

Studi terbaru itu melibatkan 123 partisipan yang ditanya mengenai preferensi soal buku, TV dan pertunjukan. Selanjutnya, kemampuan interpersonal mereka diuji, seberapa besar mereka memikirkan perasaan orang lain dan apakah mereka gemar menolong orang lain.

Penelitian yang dilakukan di Kingston University, London, menemukan pembaca buku cenderung punya perilaku baik ketimbang mereka yang lebih suka menonton televisi. Pencinta TV cenderung lebih tidak bersahabat dan tidak pengertian terhadap pandangan orang lain.

Namun, tidak sembarang buku yang membuat Anda jadi lebih baik karena tipe literatur juga punya dampak besar terhadap kecerdasan emosi.

Sebagaimana dilansir Antara, Senin (8/5/2017), dari Independent, studi mengungkapkan penggemar fiksi menunjukkan perilaku sosial yang lebih positif, sementara pembaca novel drama dan percintaan cenderung lebih punya empati.

Serupa, pencinta dari buku eksperimental menunjukkan kemampuan melihat sesuatu dari perspektif berbeda, namun pembaca buku komedi dinilai paling bisa menempatkan diri di posisi orang lain.

Para peneliti menegaskan studi ini tidak membuktikan ada efek sebab akibat bahwa membaca buku pasti membuat orang lebih baik, hanya saja semakin bijaksana seseorang, semakin besar kemungkinan ia suka membaca.

Tokopedia