OBAT HERBAL : Kunyit Putih, Si Kecil Beragam Manfaat

Kunyit putih (kunyitputih.org)
12 Mei 2017 18:50 WIB Iskandar Lifestyle Share :

Obat herbal kunyit putih memiliki beragam manfaat.

Solopos.com, SOLO -- Luka bakar bisa menimpa siapa saja. Bagi mereka yang tinggal di pelosok daerah sehingga jauh dari dokter maupun puskesmas, tak perlu khawatir. Manfaatkan tanaman sekitar untuk mengobati luka bakar maupun eksem.

Salah seorang pemilik kios jamu di Pasar Jamu Nguter, Sukoharjo, Ny. Sukiman, mengatakan nutrisi dan minyak atsiri dalam kunyit putih mampu memulihkan luka bakar maupun eksem.

Caranya ambil kunyit putih yang sudah bersih secukupnya kemudian diparut. Lalu tambahkan asam kawak sesuai kebutuhan.

Agar racikan lebih hangat dan lembut, Anda bisa menambahkan pula minyak kelapa. Balurkan racikan tersebut pada luka bakar. “Agar tidak mudah terkelupas, racikan yang ditempel pada luka bakar itu bisa diikat dengan perban. Dengan demikian racikan tersebut tidak mudah jatuh,” ujar dia saat dijumpai Solopos.com, Senin (8/5/2017).

Sakit Mag

Sementara itu, salah seorang herbalis di Colomadu, Karanganyar, Marsito, mengatakan kunyit putih juga bagus dikonsumsi untuk para penderita sakit mag. Caranya kunyit putih ditambah temulawak serta daun sirih merah.

Untuk konsumsi sekali minum, ambil kunyit putih dan temulawak masing-masing satu jempol dan sirih merah separuh daun. Apabila dikonsumsi dua kali yakni pagi dan sore, ambil kunyit putih dan temulawak masing-masing dua jempol dan daun sirih merah satu lembar.

Menurut Marsito, bahan-bahan tersebut tidak perlu direbus, melainkan cukup diseduh dengan air hangat. Apabila direbus, dikhawatirkan akan merusak kandungan zat-zat yang bermanfaat.

“Sebaiknya bahan-bahan itu dideplok atau diparut dan diperas kemudian diberi air panas. Untuk sekali minum bisa menggunakan air panas satu gelas jenis belimbing,” papar dia.

Marsito menjelaskan ramuan bahan-bahan alami itu baik untuk mengobati sakit mag kronis. Dia beberapa kali memberi racikan kepada orang-orang yang terkena penyakit mag kronis. Mereka mengaku sudah berobat ke dokter, tapi belum kunjung sembuh.