Lukisan Kekasih Pablo Picasso Terjual Rp598 Miliar

Lukisan Femme Assise Robe Bleue karya Pablo Picasso (Telegraph.co.uk)
16 Mei 2017 20:45 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Lukisan kekasih Pablo Picasso terjual dengan harga Rp598 miliar.


Solopos.com, NEW YORK Pablo Picasso dikenal sebagai seniman dan pelukis top dunia. Berbagai karyanya selalu mengundang decak kagum para penikmat seni. Tak heran, setiap karyanya selalu terjual dengan harga fantastis, seperti lukisan berjudul Femme Assise Robe Bleue yang dilelang seharga US$45 juta setara Rp598 miliar, di New York, Amerika Serikat (AS).

Dilansir Telegraph, Selasa (16/5/2017), lukisan tersebut memperlihatkan seorang wanita bernama Dora Maar. Wanita yang merupakan kakasih Picasso itu duduk di kursi mengenakan baju berwarna biru.


Dora Maar yang memiliki nama asli Henriette Theodora Markovitchitu adalah seorang fotografer dan pelukis. Ia diketahui menjalin hubungan dengan Picasso mulai 1936-1944. Ia merupakan salah satu wanita yang kerap menjadi model lukisan Picasso.


Lukisan Femme Assise Robe Bleue atau yang biasa dikenal dengan nama The Seated Woman itu dinilai merupakan salah satu karya terbaik Picasso. Lukisan tersebut kabarnya sempat disita oleh Nazi dalam Perang Dunia II.


"Ini adalah salah satu karya terbaik Picasso semasa hidupnya. Sebab, biasanya ia membuat lukisan berbekal inspirasinya soal cinta dan hasrat seksual yang kuat," tutur salah satu kritikus seni seperti dilansir BBC.


Sebelumnya, The Seated Woman itu dimiliki oleh kolektor seni asal Amerika Serikat. Pemilik yang tak disebutkan namanya itu membeli lukisan tersebut seharga US$26 juta, setara Rp345 miliar. Namun, selang enam tahun kemudian, harga lukisan itu telah meningkat. Pemilik rumah lelang di New York, melepas lukisan fenomenal itu dengan harga Rp598 miliar.


Meski terjual dengan harga fantastis, ternyata itu bukan lukisan termahal Picasso. Pada 2015, rumah lelang Christie menjual lukisan wanita Aljazair karya Picasso, Picasso's Women of Algiers, seharga US$179 juta, sekitar Rp2,3 triliun. Harga itu sukses memecahkan rekor lukisan termahal di dunia.