TIPS KESEHATAN : 5 Langkah Mudah Penuhi Nutrisi Harian

Konilife suplemen makanan dari konimex (konilife.com)
17 Mei 2017 04:00 WIB Muhammad Rizal Fikri Lifestyle Share :

Tips kesehatan tentang memilih jenis makanan yang benar-benar memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Solopos.com, SOLO – Makan adalah salah satu kebutuhan pokok yang tak bisa asal dipenuhi. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar aktivitas makan tidak berubah menjadi hal negatif bagi tubuh.

Untuk itu, Anda harus bisa memilah-milah menu yang layak dimakan atau tidak dalam rentang harian. Seperti dimuat laman choosemyplate.gov dari jurnal Dietary Gudielines for Americans yang diterbitkan Oktober 2016 ada lima langkah sederhana untuk membuat makanan harian memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Secara umum langkah-langkah ini berusaha menempatkan beberapa menu agar seimbang. Harapannya tiap individu tidak terlalu banyak mengonsumsi satu jenis makanan dan melupakan makanan lain yang tak kalah penting diperlukan tubuhnya.

Inilah lima langkah sederhana untuk mendapatkan menu makanan yang memenuhi kebutuhan nurtisi harian seperti dikutip Solopos.com dari laman choosemytemplate.gov dan beberapa sumber lainnya, Senin (15/5/2017):

50% Menu sayur dan buah-buahan
Sayur dan buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. Pilih buah berwarna merah atau oranye karena mengandung cukup kalori, vitamin, potasium, dan asam folat yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, sayuran warna hijau gelap seperti bayam, brokoli, dan selada disarankan untuk dikonsumsi secara harian. Setidaknya beri separuh piring Anda dengan sayuran saat makan. Sayuran hijau gelap ini mengandung nutrisi yang tinggi sehingga bisa mencegah tubuh kekurangan nutrisi dan menjaga kesehatan usus.

Jangan lupakan gandum utuh
Gandum adalah komponen penting untuk menu harian. Namun yang dimaksud bukan bubuk gandum, tapi gandum utuh. Menu tersebut biasa ditemukan di oatmeal, roti gandum, jawawut, beras merah, dan masih banyak lagi.

Asosiasi Jantung Amerika Serikat, menyarankan setiap individu untuk rutin makanan dari gandum utuh setiap harinya. Gandum untuh mengandung magnesium yang penting untuk kesehatan jantung, otak, dan tulang.

Konsumsi susu rendah lemak
Setelah mengonsumsi sayur, buah-buahan, dan gandum utuh, cari waktu yang pas untuk mengonsumsi susu rendah lemak. Menu ini dibutuhkan untuk memenuhi kalsium dalam tubuh tanpa menambah jumlah kalori tak dibutuhkan tubuh jika dibanding dengan mengonsumsi susu tak rendah lemak.

Pilih menu berprotein tanpa lemak
Protein sangat penting bagi tubuh karena membantu mengganti sel-sel rusak dalam tubuh, menjadi salah satu bahan utama terbentuknya enzim dan membantu metabolisme tubuh. Protein bisa didapat dari menu daging, namun perlu diperhatikan, pilih protein tanpa lemak.

Seperti dilansir Foodnetwork.com, protein tanpa lemak bisa didapat dari daging ayam dan kalkun, syaratnya dikonsumsi dengan membuang bagian kulit terlebih dahulu. Selain itu bisa juga konsumsi daging sapi giling, atau berbagai jenis ikan.

Kontrol makanan Anda dan tetap kreatif
Setelah semua hal itu dipenuhi, Anda masih harus tetap mengontrol apa yang Anda makan dan tetap kreatif. Usahakan untuk lebih sering makan di rumah karena kualitas makanan lebih terjaga, perhatikan penggunaan penyedap rasa dan gula saat makan di restoran.

Selain itu, Anda dituntut terus kreatif agar tidak bosan dengan menu makanan yang ada. Dari lima langkah di atas, masih terbuka kemungkinan seseorang untuk mengalami kekurangan nutrisi. Hal ini bisa diantisipasi dengan suplemen makanan produksi Konimex, bernama http://www.konilife.com/">Koniflie.

Suplemen yang diproduksi dalam 13 varian itu memiliki fungsi utama beragam. Konilife Redaxin memberi suplemen makanan yang membantu mengurangi lemak dalam darah. Sedangkan Konilife Focus dikhususkan untuk usia lanjut dengan cara membantu menangani kemampuan kognitif.

Ada juga Konilfe Oxi yang mengandung ekstrak biji angur dan vitamin c. Simak seluruh varian suplemen makanan KoniLife di laman http://www.konilife.com/">http://www.konilife.com/.