TIPS HIDUP SEHAT : Sarapan Sereal Bikin Tubuh Makin Gemuk

Ilustrasi semangkuk sereal untuk sarapan (Indiatimes.in)
17 Mei 2017 00:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips hidup sehat kali ini tentang sarapan sereal yang ternyata malah membuat tubuh makin gemuk.


Solopos.com, SOLO – Sereal dianggap sebagai salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat sarapan. Bahkan, sereal diklaim bagus dikonsumsi oleh pelaku diet lantaran dianggap mampu menurunkan bobot tubuh. Tapi, ternyata anggapan itu tak sepenuhnya benar.

Meski dianggap sebagai makanan padat nutrisi, nyatanya mengonsumsi sereal saat sarapan adalah tindakan yang keliru. Sebab, mengonsumsi makanan olahan saat sarapan akan mengganggu pencernaan dan membuat tubuh makin gemuk. Kok bisa?


Dilansir Boldsky, Selasa (16/5/52017), kebanyakan orang biasanya menambahkan susu atau yoghurt ke dalam sereal yang akan disantap. Selain itu, mereka biasanya akan menambahkan madu, coklat, gula, serta buah-buahan. Selain menambah rasa, berbagai bahan itu dianggap akan menambah gizi dalam semangkuk sereal.


Sereal adalah makanan hasil olahan biji-bijian. Guna mendapatkan sereal yang enak, biji-bijian itu digiling sampai halus dan dicampur dengan bahan tambahan pangan, seperti susu, perasa, pemanis buatan, sampai pengawet. Setelah itu, campuran semua bahan itu dibentuk menjadi butiran halus dan dikemas dalam berbagai ukuran untuk dipasarkan.


Makanan yang mengandung pengawet dan pemanis buatan tentu tidak bisa dikatakan sebagai makanan sehat. Hal itu mematahkan anggapan sereal sebagai makanan sehat. Selain itu, menambahkan susu, madu, yoghurt, serta buah ke dalam sereal justru akan membuatnya terasa semakin manis.


Alih-alih menurunkan bobot tubuh, kandungan gula yang tinggi itu justru akan meningkatkan hormon insulin yang berperan penting mengatur berat badan. Alhasil, bukannya turun, bobot tubuh justru akan makin bertambah. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi gula juga akan membuat tubuh terasa lesu, karena proses pencernaan yang lambat.


Daripada mengonsumsi sereal, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi bubur kacang hijau atau kacang merah yang dibuat di rumah. Selain itu, bisa juga mengonsumsi nasi lengkap dengan sayuran dan lauk pauk ketika sarapan.


Tapi jika tidak terbiasa, makanlah camilan sehat lain seperti bakwan sayur, perkedel kentang, atau salad buah. Mengonsumsi makanan segar yang diolah di rumah tentu membuat lebih sehat dibandingkan dengan mengonsumsi sereal.