OBAT HERBAL : Ternyata Daun Kelor & Jeruk Nipis Ampuh Atasi Jerawat

Daun kelor (okezone.com)
26 Mei 2017 08:00 WIB Iskandar Lifestyle Share :

Obat herbal daun kelor dan jeruk nipis kaya akan manfaat.

Solopos.com, SOLO -- Bagi sebagian orang, jerawat seringkali dianggap mengganggu penampilan. Apalagi saat jerawat tersebut menyebar di dahi, orang-orang akan berusaha keras mengobatinya.

Saat ini cukup banyak obat jerawat yang dijual bebas di berbagai toko obat maupun apotek. Namun, bagi warga perdesaan yang jauh dari toko obat serta apotek, tak perlu khawatir.

Seorang praktisi herbal dan terapi akupresur, Sutarto, saat ditemui di rumahnya di Kenep, Sukoharjo, Senin (15/5/2017), mengatakan ada obat alternatif alami yang bisa diperoleh di sekitar tempat tinggal warga di perdesaan. Salah satunya daun kelor.

Tanaman yang nama ilmiahnya Moringa Oleifera itu masih banyak tumbuh di berbagai tempat di perdesaan. Tanaman tersebut ternyata membawa banyak manfaat. Di antaranya bisa untuk mengobati jerawat.

Caranya orang bisa menggunakan daun kelor untuk masker. Caranya ambil daun kelor secukupnya atau kira-kira satu genggam kemudian ditumbuk atau diblender.

Setelah cukup lembut, daun yang ditumbuk digunakan untuk masker yaitu dibalurkan di dahi. Baluran tersebut sebaiknya dibiarkan menempel pada dahi yang banyak terdapat jerawat hingga mengering.

Setelahnya baru basuh masker yang mengering tadi dengan air bersih. Langkah membalur tumbukan daun kelor ini bisa dilakukan dua kali dalam sepekan. Dia optimistis jika hal itu dilakukan secara telaten akan membuahkan hasil positif.

Vitamin C

[caption id="attachment_819559" align="alignleft" width="274"]http://images.harianjogja.com/2017/05/jeruk-nipis.jpg">http://images.harianjogja.com/2017/05/jeruk-nipis.jpg" alt="Jeruk nipis (Tokopedia.com)" width="274" height="184" /> Jeruk nipis (Tokopedia.com)[/caption]

Menurut Sutarto, kandungan nutrisi pada daun kelor cukup bagus. Beberapa di antaranya adalah vitamin C-nya tujuh kali lebih banyak dibanding jeruk, kalsiumnya empat kali lebih banyak dibanding susu, vitamin A empat kali lebih banyak dibanding wortel, potasiumnya juga tiga kali lebih banyak dibanding pisang.

Sutarto juga menggunakan buah jeruk nipis yang nama ilmiahnya Citrus Aurantiifolia untuk mengobati jerawat. Berdasar pengetahuan yang dia miliki, jeruk nipis memiliki zat-zat yang bermanfaat untuk mengobati jerawat. Di antaranya asam sitrat, minyak atsiri, damar, kalsium, fosfor, zat besi, dan sebagainya.

Cara memakainya jeruk nipis dibelah menjadi dua bagian. Irisan bagian dalam jeruk nipis digunakan untuk membalur dahi. “Sebaiknya hati-hati karena seringkali menimbulkan rasa perih pada kulit. Agar pengobatan efektif, sebaiknya dilakukan dua kali dalam sepekan,” kata dia.

Agar pengobatan efektif, Sutarto mengimbau pola makan selalu diatur. Dia menyarankan penderita tidak mengonsumsi makanan yang digoreng lebih dahulu. Penderita juga dianjurkan berpantang makan jerohan untuk sementara waktu.