TIPS PUASA : 4 Kesalahan Saat Puasa, Nomor 2 Paling Sering

Ilustrasi mengantuk saat bekerja di bulan Ramadan. (Istimewa - Youtube)
27 Mei 2017 01:30 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips puasa kali ini tentang empat kesalahan yang sering dilakukan saat berpuasa.

Solopos.com, SOLO – Bulan Ramadan sudah di depan mata. Setiap muslim tentu harus mempersiapkan diri menyambut Bulan Suci. Anda tentu sudah melakukan persiapan secara matang bukan?

Berpuasa juga membantu menjaga kesehatan tubuh. Saat berpuasa, tubuh akan mengeluarkan berbagai racun dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Jika dilakukan dengan benar, kadar kolesterol dan lemak tubuh akan menurun. Sebab, saat puasa tubuh tidak akan mendapat asupan makanan apapun sekitar 12 jam.

Kondisi tersebut memang akan menurunkan kadar gula darah yang membuat tubuh sedikit lemas. Tapi, kondisi itu bisa diatasi dengan mengatur pola makan dan aktivitas lain dengan benar. Sebab, meski selalu melakukan puasa, ternyata masih banyak orang yang membuat kesalahan.

Nah, apa saja kesalahan yang kerap dilakukan saat berpuasa? Simak ulasan yang dilansir Boldsky, Kamis (25/5/2017), berikut ini:

Makan makanan asin saat sahur

Makanan yang terlalu banyak mengandung garam sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur. Sebab, garam akan mengikat air yang membuat tubuh merasa kehausan. Sebaiknya, makan makanan sehat dari olahan sayuran saat sahur dan kurangi penggunaan garam. Sayuran hijau yang mengandung banyak air akan menjaga kebugaran tubuh sepanjang hari.

Terlalu banyak tidur siang

Kesalahan yang paling umum dilakukan saat berpuasa adalah terlalu banyak tidur siang. Jam tidur beberapa orang sering berubah saat puasa. Mereka biasanya akan lebih banyak tidur di siang hari dan terjaga di malam hari. Padahal hal itu jelas salah kaprah.Terlalu banyak tidur siang justru membuat tubuh semakin lemas.

Guna mengatasi hal itu, perbanyaklah konsumsi buah saat sahur agar tubuh terasa segar sepanjang hari. Selain itu, minumlah susu cokelat saat sahur agar perut tidak keroncongan di siang hari. Sebab, meski berpuasa, Anda tetap harus aktif beraktivitas seperti hari biasa, bukan?

Terlalu banyak minum minuman bersoda

Minum minuman bersoda ditambah es saat berbuka memang terasa sangat menyegarkan. Tapi, hal itu mulai sekarang hindari kebiasaan yang salah itu. Rasa manis dalam minuman bersoda akan membuat kadar gula darah melonjak naik. Selain itu, soda juga meningkatkan asam lambung yang menyebabkan perut kembung dan gangguan pencernaan.

Makan banyak manisan saat berbuka

Makan makanan manis saat berbuka memang sangat disarankan. Tapi, bukan berarti semua makanan yang disantap harus berasa manis. Biasanya, orang Indonesia akan membatalkan puasa dengan teh manis, kolak, sirup, es buah, dan berbagai makanan manis lainnya. Alih-alih menyehatkan, hal itu justru akan membuat tubuh terasa lemas karena kadar gula darah meningkat.

Sebaiknya, batalkan puasa dengan segelas air putih hangat dan camilan manis. Jika tidak suka, Anda bisa membatalkan puasa dengan hanya menyantap kolak atau es buah saja. Beri jeda bagi lambung untuk mencerna sebelum memakan makanan berat lainnya.