TIPS GRIYA: 5 Tanaman Ini Bikin Rumah Lebih Sejuk

Ilustrasi pakis boston (Pinterest) (1)
30 Mei 2017 05:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips griya kali ini tentang lima tanaman yang bikin rumah lebih sejuk.

Solopos.com, SOLO – AC atau kipas angin memang sangat ampuh diandalkan menyejukkan ruangan saat musim kemarau seperti saat ini. Tapi, pemakaian secara konstan tentu akan membuat tagihan listrik membengkak. Menyebalkan bukan? Oleh sebab itu, Anda perlu memikirkan cara lain yang tak menguras kantong untuk menyejukkan ruangan. Apa ya kira-kira?

Sebenarnya, Anda bisa mengganti peralatan elektronik penyejuk ruangan itu dengan tanaman. Selain mengatur suhu, tanaman juga akan membuat  rumah terlihat lebih indah. Tapi, tak semua tanaman mampu menyejukkan ruangan.

Lantas, tanaman apa saja yang ampuh diandalkan untuk menyejukkan ruangan? Penasaran? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Popsugar, Rabu (24/5/2017), berikut ini:

Palem

Palem adalah salah satu tanaman yang sangat ampuh menyejukkan ruangan. Tumbuhan hijau ini memiliki kemampuan mengatur suhu dan menyaring udara kotor. Sebaiknya, tanam palem pada pot dan letakkan di dekat jendela. Pastikan tanaman itu mendapat sinar matahari yang cukup untuk berfotosintesis.

Lidah Buaya

Selain palem, lidah buaya juga mampu menurunkan suhu panas pada ruangan. Tanaman ini juga bisa menghilangkan berbagai macam racun yang mungkin tercampur dalam udara. Perawatan tanaman ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu menanam lidah buaya di dalam pot dengan tanah subur dan rajin menyiraminya.

Lidah Mertua

Lidah mertua sangat cocok diletakkan di dalam kamar tidur, maupun ruangan yang tak mendapat cukup banyak sinar matahari. Sebab, tanaman ini akan melepaskan oksigen di malam hari. Jika diletakkan di kamar tentu akan membuatnya lebih sejuk. Selain itu, Anda juga bisa tidur nyenyak sambil menikmati udara segar.

Pakis Boston

Meski kerap dianggap sebagai hama, ternyata pakis merupakan salah satu tanaman yang bisa menyejukkan ruangan. Tapi, bukan sembarang pakis. Yang cocok ditanam di rumah adalah jenis pakis boston. Bukan hanya membersihkan udara, tanaman ini juga membuat rumah tampak lebih indah. Sebaiknya, letakkan pakis di teras rumah dengan cara digantung. Sebab, tanaman ini akan menjuntai ke bawah seperti tirai.

Sirih Gading

Tanaman merambat yang satu ini ternyata tak cuma cocok dipakai untuk mengobati penyakit. Tapi, tanaman ini juga memberi kesejukan di dalam rumah. Selain itu, aroma wangi yang khas pada tanaman ini membuat seseorang merasa lebih rileks. Sama seperti pakis, tanam sirih gading pada pot dan gantung di teras rumah. Tanaman ini akan membersihkan udara di rumah Anda dari segala racun.