Mau Puasa Sambil Diet? Konsumsi 5 Makanan Ini

01 Juni 2017 13:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips diet kali ini tentang lima makanan yang membuat tubuh bugar dan langsing saat puasa.

Solopos.com, SOLO – Selama ini, beberapa orang menganggap puasa adalah metode diet paling efektif. Sebab, saat berpuasa, seseorang tentu akan menahan keinginan makan dan minum dalam jangka sekitar 12 jam.

Kondisi tersebut membuat tubuh terpaksa membakar cadangan lemak yang menumpuk. Jika dilakukan secara konsisten, hal itu lama kelamaan akan membuat tubuh lebih ramping. Oleh sebab itu, banyak orang berharap setelah Ramadan berlalu, tubuh mereka akan ramping seketika.

Mereka yang terobsesi ingin cepat kurus dengan berpuasa Ramadan biasanya kerap melakukan kesalahan. Kesalahan yang paling umum dilakukan adalah memangkas asupan karbohidrat dan menggantinya dengan berbagai camilan. Alih-alih kurus, Anda justru akan jatuh sakit.

Meski ingin kurus, Anda tetap harus memperhatikan kandungan gizi dalam makanan yang dikonsumsi. Nah, apa saja makanan yang wajib dikonsumsi saat berpuasa? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Rabu (31/5/2017), berikut ini:

Nasi

Meski sedang diet, Anda tidak boleh memangkas asupan karbohidrat kompleks seperti nasi. Guna menjaga keseimbangan berat badan, sebaiknya batasilah konsumsi nasi. Bagi yang memiliki berat badan berlebih akan lebih baik mengonsumsi nasi merah, singkong rebus, maupun kentang rebus.

Jangan pernah mengonsumsi mi instan, pasta, dan roti karena mengandung kalori yang sangat tinggi. Kebanyakan orang gagal diet disebabkan mengganti nasi dengan tiga makanan tinggi kalori itu. Ketiga makanan tersebut juga akan membuat tubuh cepat lapar.

Sayur dan buah

Sayur dan buah adalah makanan wajib yang tak boleh dilewatkan. Mustahil bobot tubuh menurun jika Anda tidak mau menyantapnya. Buang jauh-jauh anggapan tentang rasa sayur yang tak sedap dan pikirkan manfaatnya. Anda bisa mengolah sayur dan buah menjadi salad yang menyegarkan untuk berbuka. Selain itu, Anda juga bisa mengolah sayuran menjadi sup yang lezat untuk sahur.

Telur dan ikan

Telur dan ikan adalah sumber protein terbaik yan dibutuhkan tubuh. Jika ingin kurus, maka batasi konsumsi daging ayam dan daging merah yang memiliki banyak lemak. Tapi, jika Anda memiliki alergi pada ikan dan telur, penuhi asupan protein dengan mengonsumsi tempe dan tahu.

Air Putih

Menambah porsi air putih saat berpuasa adalah hal yang sangat dianjurkan. Anda harus menjaga tubuh tetap terhidrasi selama sekitar 12 jam. Tubuh yang terhidrasi membuat Anda tetap bugar dalam beraktivitas.

Susu

Siapa bilang diet tidak boleh meminum susu? Kandungan kalsium dalam susu sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, mengonsumsi susu saat sahur juga membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Tokopedia