TIPS HIDUP SEHAT : Tetap Bugar Saat Puasa? Lakukan 6 Olahraga Ringan Ini

Ilustrasi joging. (Istimewa - Nowloss.com)
03 Juni 2017 04:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips hidup sehat kali ini tentang enam olahraga ringan yang membuat tubuh tetap bugar saat berpuasa.

Solopos.com, SOLO – Olahraga merupakan aktivitas penting yang tak boleh ditinggalkan meski sedang berpuasa. Kebanyakan orang biasanya meninggalkan olahraga lantaran takut tubuh terasa lemas. Padahal, olahraga berfungsi menyeimbangkan bobot tubuh dan menjaga kebugaran.

Berkurangnya asupan makanan saat puasa memang bisa mengurangi berat badan. Tapi, jika tidak diimbangi dengan beraktivitas, lemak dalam tubuh akan terus menumpuk. Oleh sebab itu, meski tengah berpuasa, Anda tetap harus meluangkan waktu untuk berolahraga.

Mau tahu, apa saja jenis olahraga tak menguras tenaga yang mampu menjaga kebugaran tubuh saat puasa? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Fit Day, Kamis (1/6/2017), berikut ini:

Joging

Joging merupakan olahraga yang tak menguras banyak tenaga. Anda bisa melakukan joging setelah sahur atau salat subuh. Tak perlu waktu lama, Anda cukup melakukan joging selama 30 menit untuk membuat tubuh tetap bugar sepanjang hari. Joging di pagi hari juga membuat pikiran segar. Sebab, udara di pagi hari yang belum tercemar membuat pikiran lebih rileks.

Angkat beban

Tak perlu pergi ke tempat fitnes untuk berolahraga angkat beban. Anda bisa mengganti barbel dengan botol air mineral ukuran besar yang diisi air sampai penuh. Lakukan latihan ini selama 30 menit secara rutin. Hal ini akan membuat tubuh terasa bugar sepanjang hari.

Bersepeda

Bersepeda di pagi hari sambil berbelanja atau sekadar berkeliling desa juga akan menjaga kebugaran tubuh. Tak hanya sehat, tumpukan lemak di tubuh juga akan lebih cepat berkurang. Lakukan olahraga ringan ini di pagi hari sembari menghirup udara segar minimal 45 menit guna membakar sekitar 300 kalori.

Naik turun tangga

Bagi yang super sibuk, Anda bisa memanfaatkan fasilitas tangga di kantor sebagai sarana olahraga. Agar tak mengalami nyeri sendi, sebaiknya pergunakanlah tangga untuk menuju ke ruangan yang berada di lantai atas. Sebisa mungkin, hindari pemakaian lift, dan biarkan tubuh bergerak aktif guna mengurangi risiko stroke.

Skiping

Skiping merupakan salah satu olahraga ringan yang kaya manfaat. Anda bisa melakukan olahraga ini tanpa terbatas waktu. Sebaiknya, lakukan olahraga ini minimal dua jam setelah sahur agar perut tidak terasa mual. Namun, jika ingin dilakukan di sore hari, pastikan jangan mendekati waktu buka puasa. Sebab, kondisi tubuh tentu sudah mulai menurun dan mudah lelah. Jika dipaksakan, Anda akan merasa sangat lapar dan kalap saat berbuka.

Yoga

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang paling cocok dilakukan saat berpuasa. Gerakan yang tak menguras energi membuatnya cocok dilakukan meski tengah berpuasa. Tapi jangan salah, meski ringan, yoga bisa membantu membakar kalori dan memperbaiki postur tubuh.

Jangan khawatir bila mengeluarkan banyak keringat. Sebab, yoga tidak akan membuat tubuh dehidrasi. Olahraga yang berfokus pada latihan teknik penapasan ini membantu memperlancar peredaran darah ke otak. Selain itu, yoga juga membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Itulah beberapa jenis olahraga ringan yang cocok dilakukan meski sedang berpuasa. Anda tentu ingin tubuh tetap sehat bukan? Nah, mulai sekarang, jangan malas berolahraga ya. Selamat berpuasa.

Tokopedia