TIPS KESEHATAN : Sembelit Saat Puasa? Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi perut kembung (Huffingtonpost.co.uk)
08 Juni 2017 14:45 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips kesehatan kali ini tentang tips mengatasi sembelit saat puasa.

Solopos.com, SOLO – Puasa memang memiliki segudang manfaat bagi tubuh jika dilakukan dengan cara yang benar. Tapi, faktanya ada beberapa orang yang mengalami masalah kesehatan saat berpuasa, salah satunya sembelit. Apakah Anda juga mengalaminya?

Hampir sebagian besar orang yang berpuasa mengalami sembelit. Bukan tanpa sebab, jeda waktu antara sahur dan berbuka membuat organ pencernaan beristrirahat cukup lama. Saat berbuka, biasanya seseorang akan memakan semua hidangan yang tersaji di depan mata karena lapar. Akibatnya, perut dipenuhi makanan yang melampaui kapasitas hingga membuat usus kaget.

Usus tentu tidak bisa mencerna semua makanan dalam waktu singkat. Alhasil, organ yang tadinya kosong tiba-tiba penuh sesak. Kondisi ini semakin parah jika Anda mengonsumsi makanan tinggi kalori dan berlemak. Sebab, makanan tersebut sulit dicerna, sehingga akan bertahan lama di dalam usus, yang menjadi awal mula sembelit.

Sembelit saat berpuasa tentu menimbulkan rasa tidak nyaman. Perut akan terasa sesak dan mulas, namun sisa makanan yang dicerna tidak bisa dikeluarkan. Lantas, bagaimana cara mengatasi sembelit? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari The New paper, Rabu (7/6/2017), berikut ini:

Makan sayur dan buah

Penyebab utama sembelit adalah kurangnya asupan serat dalam tubuh. Meski telah minum banyak air, sembelit akan tetap datang jika Anda tak mengonsumsi serat. Nah, sayur dan buah merupakan sumber serat utama yang dibutuhkan tubuh. Jadi, jika tak ingin mengalami sembelit, perbanyak konsumsi sayur dan buah.

Makan puding

Mengonsumsi puding saat berbuka puasa merupakan salah satu cara jitu mengatasi sembelit. Puding dari rumput laut mengandung serat tinggi yang mampu mengatasi gangguan pencernaan. Puding bisa menjadi makanan alternatif bagi Anda yang tidak suka menyantap sayur atau buah.

Mengurangi kafein

Minuman berkafein seperti teh atau kopi juga menyebabkan sembelit. Kafein menyerap cairan tubuh yang akan memperparah sembelit. Sebaiknya, batasi konsumsi minuman ini saat berpuasa jika tak ingin mengalami sembelit.

Olahraga ringan

Kurang olahraga ternyata mengganggu saluran pencernaan. Saat tidak berolahraga, metabolisme tubuh akan menurun dan menyebabkan sembelit. Tak perlu berat-berat, cukup lakukan olahraga ringan untuk menjaga kebugaran tubuh. Bagi Anda yang cepat berkeringat, berjalan kaki atau naik turun tangga selama beberapa menit ampuh menjaga metabolisme tubuh.

Hindari tidur setelah sahur

Kebiasaan tidur setelah sahur ternyata berakibat buruk bagi kesehatan pencernaan. Makanan yang masuk ke tubuh biasanya akan habis dicerna selama dua jam. Namun, jika langsung tidur, maka proses pencernaan akan terganggu. Jika dilakukan terus menerus akan menimbulkan gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.

Tokopedia