TIPS HIDUP SEHAT : Kerja Kantoran Bikin Gemuk? Ini Penyebabnya

Ilustrasi makan sambil kerja (Youtube)
09 Juni 2017 00:45 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips hidup sehat kali ini tentang faktor penyebab pekerja kantoran bertambah gemuk.


Solopos.com, SOLO – Kebanyakan orang ingin memiliki tubuh yang ideal. Sayangnya, tak semua orang bisa mewujudkannya, khususnya bagi mereka yang bekerja di kantor. Jangan salah, faktanya, bobot tubuh seorang pekerja kantoran lebih cepat naik. Mengapa demikian?

Seorang pegawai biasanya menghabiskan waktu sekitar delapan jam di kantor. Saat bekerja, Anda tak memiliki banyak waktu berolahraga. Sebaliknya, Anda akan lebih banyak makan untuk mengusir jenuh dan penat saat bekerja. Hal ini menjadi salah satu penyebab bobot tubuh membengkak.


Selain itu, masih ada hal lain yang membuat tubuh seorang pegawai kantor bertambah gemuk. Penasaran? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Health Site, Kamis (8/6/2017), berikut ini:


Jarang terpapar sinar matahari


Pegawai kantoran biasanya menghabiskan jam kerja di dalam kantor tanpa terpapar sinar matahari. Padahal, sinar matahari berperan penting mengontrol nafsu makan. Padahal, jarang terpapar sinar matahari membuat nafsu makan bertambah.


Kurang gerak


Duduk berjam-jam di depan komputer juga membuat bobot tubuh bertambah. Hal itu semakin buruk ketika Anda malas menaiki tangga untuk mencapai ruangan yang berada di lantai atas dan memilih menggunakan lift. Jangan salah, lift adalah benda elektronik yang membuat Anda makin gemuk. Sementara kebiasaan naik tangga mampu membakar sebagian kecil lemak di tubuh.


Makan sambil kerja


Banyak karyawan yang memilih makan di meja kerja mereka dengan berbagai alasan. Lama kelamaan, hal ini akan menjadi kebiasaan buruk yang membahayakan kesehatan. Makan di depan komputer membuat Anda tak menyadari apa saja yang telah masuk ke dalam tubuh. Sebab, Anda tentu akan lebih fokus pada pekerjaan di depan mata.


Akibatnya, kebiasaan itu akan membuat tubuh menjadi gemuk. Sebaiknya, habiskan makanan Anda di tempat lain seperti kantin atau dapur. Cara ini akan membuat tubuh Anda bergerak untuk membakar lemak.


Suhu ruangan terlalu dingin


Bekerja di ruang ber-AC ternyata membuat seseorang lebih gemuk. Sebab, suhu dingin membuat tubuh merasa nyaman sehingga malas bergerak. Selain itu, suhu dingin membuat tubuh menyimpan banyak lemak sebagai penghangat. Alhasil, bobot tubuh akan bertambah karena tidak terjadi pembakaran lemak. 

Tokopedia