INFO HIDUP SEHAT : Bikin Lemas, Hindari 4 Makanan Ini Saat Sahur

Ilustrasi mi instan (Mercola.com)
10 Juni 2017 11:30 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Info hidup sehat kali ini tentang empat makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur karena membuat tubuh lemas.

Solopos.com, SOLO – Puasa memang kerap membuat tubuh terasa lemah tak bertenaga. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan makanan dan cairan dalam tubuh. Kondisi ini akan lebih buruk jika cuaca di siang hari sangat panas.

Agar tak lemas saat puasa, Anda harus mengonsumsi makanan bergizi saat sahur. Sebab, makanan yang dikonsumsi saat sahur akan menjadi sumber energi utama untuk menjalani aktivitas sehari penuh. Tapi, beberapa orang melakukan kesalahan dengan mengonsumsi makanan yang salah. Alih-alih bertenaga, tubuh justru akan semakin lemas.

Mau tahu makanan apa saja yang membuat tubuh lemas? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari The Kitchen, Jumat (9/6/2017), berikut ini:

1. Mi instan

Mi instan menjadi andalan beberapa orang yang telat bangun atau malas memasak saat sahur. Cara penyajiannya praktis dan rasa yang lezat membuat makanan ini digemari. Tapi, faktanya mi instan tidak baik bagi kesehatan karena mengandung banyak micin dan bahan pengawet.

Selain tak sehat, rasa kenyang yang dihasilkan dengan menyantap mi instan juga tak bertahan lama. Sekitar empat jam setelah dimakan, perut akan kembali merasa lapar. Sebab, mi instan berkalori tinggi yang meningkatkan hormon insulin secara drastis. Bukannya kenyang, bobot tubuh justru akan bertambah. Kandungan garam yang tinggi juga membuat perut lebih cepat lapar.

2. Sambal

Bagi penyuka pedas, makan tanpa sambal akan terasa kurang nikmat. Tapi, sebaiknya hindari konsumsi sambal saat sahur apalagi dalam jumlah berlebih karena akan mengiritasi lambung. Selain itu, Anda juga akan mengalami gangguan pencernaan seperti mulas dan diare. Kondisi inilah yang membuat tubuh lemas.

3. Gorengan

Saat Ramadan, mungkin jumlah gorengan yang Anda santap lebih banyak dibandingkan hari biasa. Padahal, gorengan termasuk makanan yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan saat puasa. Kandungan minyak yang tinggi membuat makanan ini sulit dicerna. Lambung akan bekerja ekstra guna mencerna makanan tersebut. Alhasil, Anda akan merasa lemas karena perut terasa sesak dan kekenyangan.

4. Makanan bersantan

Semua makanan bersantan dan kaya bumbu seperti rendang dan gulai memang sangat lezat. Kebanyakan ibu rumah tangga memasak makanan bersantan karena awet, sehingga memangkas waktu memasak. Padahal, kandungan lemak yang tinggi pada makanan ini membuat tubuh terasa lemas dan lebih cepat haus. Selain itu, risiko kolesterol dan hipertensi akan meningkat jika terlalu sering mengonsumsi makanan ini.

Nah, itulah beberapa makanan yang tidak baik dikonsumsi saat sahur. Bila menginginkan, sebaiknya konsumsi makanan tersebut di saat buka puasa. Sebagai gantinya, makanlah lebih banyak sayur dan buah-buahan saat sahur. Kandungan air yang tinggi pada sayur dan buah membuat tubuh tetap terhidrasi sehingga bugar sepanjang hari.