Posisi Tepat Bekerja di Depan Komputer

Ilustrasi bekerja di kantor (www.industrynews.sg)
12 Juni 2017 20:45 WIB Septina Arifiani Lifestyle Share :

Ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan saat bekerja di kantor.

Solopos.com, SOLO – Duduk lama di depan layar komputer adalah salah satu kesalahan besar yang dilakukan seseorang terhadap kesehatannya. Tidak aktif bergerak selama berjam-jam meningkatkan risiko obesitas, kerusakan tulang, hingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sebagaimana diberitakan Times of India, Senin (12/6/2017), ditunjukkan bagaimana duduk yang benar di kantor, sehingga dapat mencegah penyakit punggung:

Tepat meletakkan komputer

Tidak banyak yang menyadari hal ini, tapi penting bagi Anda untuk memastikan mata tidak tertekan. Jangan terlalu tinggi atau rendah menempatkan komputer. Sebaiknya layar komputer berada sejajar dengan pandangan Anda.

Santaikan bahu

Pastikan bahu Anda rileks, tidak membungkuk dan lengan ditekuk sekitar 90 derajat. Cara ini dapat menghindari cedera bahu dan leher.

Sandaran punggung

Lengkungan punggung harus mendapat sandaran yang cukup sehingga Anda tidak membungkuk yang dapat mengakibatkan nyeri. Gunakan bantal atau jaket agar bisa disesuaikan dengan ruang antara kursi dan punggung.

Jangan menyilangkan kaki

Kaki seharusnya ditekuk 90 derajat. Jika melebihi ketentuan itu akan membuat ketegangan pada persendian dan menghambat aliran darah.

Olahraga ringan

Setiap setengah jam lakukan rotasi leher jika mungkin, bangun dan berjalan-jalan. Lakukan hal sederhana seperti menarik tangan hingga di atas kepala.