TAHUKAH ANDA? : Sstt.. Ternyata Banyak Orang Keliru Pakai Talenan

Ilustrasi mencuci talenan (Eatright.com)
13 Juni 2017 13:30 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips memasak kali ini tentang kebiasaan yang salah saat memakai talenan.

Solopos.com, SOLO – Talenan merupakan alat yang tak terpisahkan dari aktivitas memasak kaum ibu. Benda ini dipakai untuk memotong segala jenis bahan makanan mulai dari sayuran, buah-buahan, sampai daging. Tak jarang, beberapa orang memakai talenan yang sama untuk memotong semua jenis bahan makanan tanpa dibersihkan terlebih dahulu. Padahal, kebiasaan itu berisiko bagi kesehatan tubuh.

Bayangkan saja, berapa banyak bakteri yang menempel pada sebuah talenan setiap kali dipakai? Dikutip Solopos.com dari Delish, Senin (12/6/2017), beberapa hasil penelitian menunjukkan talenan kotor mengandung lebih banyak bakteri dibandingkan kloset. Kondisi inilah yang membuatnya berbahaya bagi tubuh.

Sebaiknya, bedakan talenan yang dipakai untuk memotong sayuran dengan daging. Sebab, daging memiliki lebih banyak bakteri. Selain itu, penggunaan talenan yang sama mengakibatkan kontaminasi silang. Akibatnya, makanan yang dikonsumsi akan membuat Anda mengalami sakit perut sampai diare.

Tapi, jangan khawatir jika tak memiliki banyak talenan. Anda bisa memakai talenan yang sama untuk memotong semua bahan makanan dengan cara dicuci terlebih dahulu. Misalnya, bersihkan talenan yang dipakai memotong daging sebelum dipakai mengiris sayuran, begitu pula sebaliknya.

Meski terbilang mudah, ternyata masih banyak orang yang melakukan kesalahan saat membersihkan talenan. Cara yang paling umum dilakukan untuk membersihkan talenan adalah dengan cara menyiram dengan air bersih atau dicuci dengan sabun. Meski cukup praktis, cara itu tak sepenuhnya benar.

Menggosok talenan dengan sabun tak mampu menghilangkan semua bakteri, terutama yang terbuat dari plastik. Sebab, talenan plastik akan meninggalkan bekas goresan pisau yang dalam. Cara terbaik membersihkan talenan adalah dengan merendamnya dalam air sabun yang dicampur perasan jeruk lemon selama 15 menit setelah dipakai.

Campuran kedua bahan itu sangat ampuh membunuh bakteri yang menempel pada talenan. Setelah direndam, gosok talenan dengan spons bersih, lalu angin-anginkan sampai kering. Selamat mencoba.

Tokopedia