Mengapa Lansia Sering Terpeleset di Kamar Mandi?

Ilustrasi terpeleset di kamar mandi (Boldsky)
15 Juni 2017 22:10 WIB Septina Arifiani Lifestyle Share :

Lansia sering terpeleset di kamar mandi. Kenapa?


Solopos.com, SOLO – Anda pasti sering mendengar banyak orang khususnya lanjut usia terpeleset di kamar mandi. Terpeleset di kamar mandi sering berakibat fatal mulai dari kelumpuhan hingga kematian.

Mengapa banyak lansia terpeleset di kamar mandi? Berikut beberapa faktanya seperti diungkap Boldsky, Kamis (15/6/2017):


Fakta 1


Statistik menyeburkan hampir sepertiga orang lanjut usia cenderung terpeleset di kamar mandi setidaknya setahun sekali. Jika di rumah Anda terdapat orang lanjut usia (di atas 65 tahun) patut waspada.


Fakta 2


Dari keseluruhan insiden, 65 persen terpeleset di kamar mandi berakibat luka seperti memar, namun sisa kasusnya menyebabkan luka serius.


Fakta 3


Sebagian kasus serius umumnya berakibat fatal. Kamar mandi yang licin sangatlah berbahaya! Terkadang, jatuh dengan sederhana menyebabkan situasi yang mengancam jiwa.


Fakta 4


Umumnya terpeleset terjadi saat orang keluar dari kamar mandi, duduk di kloset, atau mencoba meraih handuk.


Fakta 5


Mengapa banyak terjadi pada lansia? Karena kemampuan koordinasi dan kekuatan otot berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Dampaknya juga akan semakin serius karena tulang orang tua tak terlalu kuat.


Fakta 6


Beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah hal tersebut adalah menjaga agar lampu tetap menyala sebelum orang tua menggunakan toilet. Memberikan alas kaki di dekat pintu toilet. Usahakan lantai kamar mandi tetap kering dan pasanglah pegangan di dinding.