TIPS PUASA : Minum Air Dingin Saat Perut Kosong Bisa Ganggu Pencernaan

Ilustrasi air es. (Istimewa - liputan6.com)
17 Juni 2017 16:30 WIB Redaksi Solopos Lifestyle Share :

Ada hal buruk yang akan dirasakan bila perut kosong langsung diberikan minuman dingin.

Solopos.com, SOLO – Bagi sebagian orang, menyeruput minuman segar atau makanan manis menjadi hal pertama yang dilakukan saat buka puasa. Itu dilakukan agar tubuh mendapatkan gula darah yang akhirnya meningkatkan energi.

Tapi, tak jarang di antara Anda mungkin saat berbuka memilih minuman dingin. Sebut saja, sirup manis dengan tambahan es batu, es buah yang segar, atau es kelapa muda yang enak. Namun, ternyata ada hal buruk yang akan Anda rasakan bila perut kosong langsung diberikan minuman dingin.

Mengutip The Apple Daily, Sabtu (17/6/2017), bila Anda minum air dingin saat perut Anda kosong, risiko paling banyak dirasakan adalah tidak sehatnya sistem pencernaan Anda. Itu terjadi karena tubuh harus bekerja ekstra untuk menormalkan suhu minuman. Proses tersebut bisa menimbulkan rasa sakit perut.

Setelah itu, masalah lain yang bakal Anda rasakan bila meminum air dingin setelah berbuka adalah bisa mengencerkan semua komposisi asam dan mineral baik tubuh. Bila itu terjadi, risiko diare akan mengancam Anda. Tak hanya itu, air dingin juga akan menonaktifkan proses fermentasi di perut yang juga menjadi faktor lain gangguan pencernaan.

Dijelaskan lebih lanjut, mengonsumsi air putih saat perut kosong juga bisa memicu timbulnya 42 jenis penyakit yang tentunya berakibat buruk ke tubuh. Dan masalah lainnya yang bisa terjadi adalah mengarah ke perilaku agresif atau juga gangguan mental, serta segala macam gangguan psikosomatik.