TIPS TRAVELING : Persiapkan 12 Hal Ini Agar Mudik Bareng Si Kecil Tetap Nyaman

Ilustrasi pemudik dengan angkutan bus (JIBI/Bisnis - Dok.)
21 Juni 2017 11:00 WIB Redaksi Solopos Lifestyle Share :

Mudik bersama anak harus dipersiapkan agar anak nyaman.

Solopos.com, JAKARTA -- Tradisi mudik saat Lebaran masih sangat dilestarikan oleh masyarakat Indonesia. Mudik ke kampung halaman menjadi momentum mempererat silaturahmi dan menunjukkan bakti kepada orangtua.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memberikan pedoman atau cara-cara yang harus dilakukan agar mudik tetap nyaman serta ramah ketika mengajak anak-anak turut serta.

"Semangat untuk bersilaturahmi dengan orang-orang terdekat telah menjadi harapan dan dambaan banyak orang termasuk usia anak," kata Wakil Ketua KPAI Susanto di Jakarta, Rabu (21/6/2017).

Dia menambahkan kenyamanan serta keamanan bagi anak-anak juga tetap menjadi prioritas orang tua untuk diperhatikan selama perjalanan mudik, agar anak tidak bosan serta merasa lelah dalam perjalanan.

"Begitu banyak anak Indonesia sangat senang menjelang mudik ke kampung halaman orangtuanya, itu sebagai bukti bahwa mereka tak melupakan akar kulturalnya," katanya.

Berikut tips mudik bersama anak yang disarankan KPAI:

1. Bila mudik dengan membawa sepeda motor, sebaiknya tidak membawa anak.

2. Bila mudik menggunakan angkutan umum, upayakan anak tidak ikut berdesak-desakan dengan penumpang lainnya.

3. Siapkan mainan yang disukai anak untuk menemaninya sepanjang perjalanan agar tidak merasa bosan serta memiliki kegiatan.

4. Jangan lupa membawa vitamin dan obat-obatan.

5. Jika membawa mobil pribadi, pastikan kendaraan dalam kondisi baik, pastikan kondisi mobil seperti mesin, oli mesin, ban cadangan, dan lainnya.

6. Jelaskan pada anak ciri khas dan keunggulan mengenai kota-kota yang dilalui, agar anak tidak jenuh dan juga bisa menambah pengetahuan.

10. Pastikan beristirahat secara periodik di tempat-tempat yang disediakan. Jangan paksakan mengemudi ketika kondisi badan sudah lelah.

11. Pastikan selama perjalanan tidak kebut-kebutan, kendarai mobil dengan sewajarnya. Persiapkan makanan sehat secukupnya, hindari membeli makanan di pinggir jalan yang tidak sehat.

12. Pastikan anak dalam pantauan dan lindungi anak dari kejahatan termasuk penculikan. Untuk mengisi waktu di jalan, bacakan buku cerita yang menarik dan memiliki edukasi bagi anak. Bila sakit, pastikan segera berobat ke klinik terdekat atau layananan kesehatan lain.