7 Cara Mengenali Si Pembohong

Ilustrasi pasangan berbohong (Womenhealthandfitness.com.au)
03 Juli 2017 23:30 WIB Redaksi Solopos Lifestyle Share :

Setidaknya ada tujuh cara mengenali lawan bicara Anda tengah berbohong.

Solopos.com, SOLO – Apakah Anda curiga dibohongi oleh lawan bicara Anda? Ada cara untuk mengetahui apakah orang di hadapan Anda bohong atau jujur.

Salah satu caranya sebagaimana dilansir Antara, Senin (3/7/2017), adalah dengan melihat postur tubuh dan gaya bahasanya. Pembohong akan cenderung membuat tubuh kecil dengan cara membungkuk. Berikut cara mengetahui si pembohong:

Lihat matanya

Menghindari kontak mata adalah salah satu tanda non-verbal pertama dari orang yang berbohong. Kontak mata adalah sesuatu yang bersifat pribadi dan intim. Jika seseorang berbohong, mereka sering ingin melepaskan diri dari Anda dan tidak mempersonalisasikan situasinya.

Perhatikan tingkat pergerakan

Pembohong biasanya ingin mengelabui dengan berlagak tenang. Seringkali mereka akan tetap memegang tangan mereka, duduk diam, berbicara perlahan, dan menjaga agar gerakan wajah mereka seminimal mungkin.

Simak omongannya

Omongan pembohong biasanya tidak konsisten, kecuali mereka memang benar-benar ahli dalam berbohong.

Condong menjauh

Bila tubuhnya condong menjauhi Anda, bisa jadi itu pertanda mereka tidak nyaman karena berbohong. Jika ini terjadi, condongkan tubuh mendekati mereka. Lihatlah bagaimana responsnya - orang tidak suka didekati saat berbohong.

Lihat respons

Jika Anda menuduh seseorang berbohong atau mempertanyakan cerita mereka, perhatikan bagaimana tanggapan mereka. Orang yang tidak bersalah mungkin tersinggung, namun pihak yang bersalah dapat membela diri lebih jauh lagi.

Perhatikan cara mereka menggelengkan kepala

Salah satu cara mengenali pembohong yang dipraktikkan mantan anggota CIA adalah dengan melihat gelengan kepala. Bila seseorang berkata "iya" namun menggelengkan kepala, bisa jadi dia sedang berdusta.

Amati bila ada perilaku berbeda

Jika orang ini biasanya bawel namun mendadak jadi pendiam saat dikonfrontasi, mungkin dia sedang berbohong.