INFO HIDUP SEHAT : 6 Bahan Alami Ini Ampuh Usir Jerawat di Punggung

Ilustrasi punggung yang berjerawat (Boldsky.com)
08 Juli 2017 07:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Info hidup sehat kali ini tentang enam bahan alami yang ampuh mengusir jerawat di punggung.


Solopos.com, SOLO – Jerawat adalah gangguan kulit yang paling umum terjadi. Bukan hanya di wajah, jerawat juga bisa muncul di telinga dan punggung. Meski tempatnya berbeda, penyebab munculnya jerawat itu tetap sama, yakni kotoran yang menyumbat pori-pori.

Sayangnya, kebanyakan orang hanya khawatir pada jerawat di muka lantaran dianggap mengganggu penampilan. Padahal, munculnya jerawat di punggung justru lebih menyakitkan. Saat berbaring, punggung akan terasa sakit. Sementara saat berkeringat akan terasa gatal dan panas. Kondisi tersebut tentu membuat tidak nyaman bukan?


Munculnya jerawat di punggung ini disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya pakaian yang tidak menyerap keringat. Pakaian tersebut membuat kulit terasa panas hingga tubuh mengeluarkan banyak keringat yang mengakibatkan bakteri berkembang biak lebih cepat. Jika tidak diobati, maka jerawat akan menimbulkan rasa tidak nyaman.


Tak perlu repot membubuhkan obat jerawat yang biasa dipakai di wajah. Anda bisa menyembuhkan jerawat di punggung dengan bahan alami. Mau tahu? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Jumat (7/7/2017) berikut ini:


Bubuk kunyit


Kunyit adalah salah satu bahan yang ampuh menyembuhkan jerawat di punggung. Caranya, campurkan dua sendok teh bubuk kunyit dengan satu sendok teh minyak wijen. Oleskan pasta tersebut pada bagian jerawat dan diamkan selama satu jam. Setelah itu, bilas tubuh dengan air hangat. Guna mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan ini dua kali sehari.


Garam


Garam mengandung magnesium, kalium, vitamin D, dan zinc yang bersifat antibakteri. Oleh sebab itu, garam dipercaya mampu mempercepat penyembuhan jerawat. Caranya, larutkan tiga sendok makan garam dengan 500 ml air, kemudian semprotkan ke bagian tubuh yang berjerawat.


Madu


Campuran madu dan sereal gandum juga mampu mengatasi jerawat membandel di punggung. Campurkan dua sendok makan madu dengan dua sendok makan oatmeal. Setelah itu, oleskan pasta tersebut ke bagian tubuh yang berjerawat dan diamkan selama 20 menit. Lakukan pengobatan setiap hari sampai jerawat sembuh.


Cuka apel


Cuka apel juga ampuh mengatasi jerawat membandel di punggung. Kandungan antioksidan pada cuka apel mampu membunuh bakteri penyebab jerawat yang meradang. Caranya, oleskan cuka apel menggunakan cotton bud pada jerawat dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu bilas tubuh dengan air dan oleskan pelembap kulit.


Tomat


Kandungan antioksidan, vitamin, serta lycopene pada tomat bermanfaat menyembuhkan kulit yang berjerawat. Cara perawatannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menempelkan potongan tomat segar di kulit yang berjerawat.


Lidah buaya


Seperti diketahui, lidah buaya merupakan bahan alami yang sangat ampuh menyembuhkan jerawat. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya dan biarkan sampai mengering pada jerawat membandel selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat dan oleskan pelembap.