TIPS KESEHATAN : Awas, Makanan Tak Sehat Ini Picu Kanker Payudara

Foto ilustrasi: Risiko terkena kanker payudara bisa berkurang dengan menghindari sejumlah makanan tak sehat. (indianexpress.com)
09 Juli 2017 05:00 WIB Astrid Prihatini Wisnu Dewi Lifestyle Share :

Wanita sebaiknya mewaspadai makanan tak sehat pemicu kanker payudara.

Solopos.com, SOLO -- Selain kanker serviks, wanita juga harus mewaspadai kanker payudara. Sebab berdasarkan hasil riset, setidaknya satu dari 3 wanita menderita kanker payudara. Kanker payudara memiliki kematian tertinggi kedua setelah kanker paru-paru.

Para peneliti memperkirakan wanita bisa mencegah risiko terkena kanker sebesar 9 persen dengan mengubah gaya hidup dan pola makan.

Kanker payudara merupakan penyakit yang sangat kompleks dengan banyak faktor penyebab. Sejumlah faktor yang tidak bisa dikontrol antara lain usia, riwayat keluarga, genetik, dan jenis kelamin. Namun, Anda bisa mengontrol gaya hidup dan makanan Anda. Anda perlu mengetahui makanan apa saja yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Dikutip dari boldsky.com, Jumat (7/7/2017), berikut ini makanan yang meningkatkan risiko terkena kanker payudara:

Alkohol
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara mengonsumsi alkohol secara terus-menerus dengan kanker payudara.
Alkohol dapat meningkatkan estrogen dan dapat merusak sel DNA.
Mengonsumsi tiga gelas minuman beralkohol dalam sepekan dapat menaikkan risiko terkena kanker payudara hingga 15%.

Gula
Gula merupakan bahan pangan dengan kandungan glycaemix tinggi dan makanan dengan kadar glycaemix berkorelasi dengan peningkatan risiko terkena kanker payudara.

Bahan pangan ini berpengaruh terhadap kadar gula darah dan bisa memicu pelepasan insulin.
Bila kadar insulin tinggi, hal ini dapat meningkatkan pelepasan estrogen yang dapat memicu kanker payudara.

Daging panggang
Memanggang protein hewani dengan suhu tinggi bisa meningkatkan pembentukan heterocyclic amines (Hca) yang merupakan senyawa pemicu kanker.

Semua produk hewani berkadar lemak tinggi
Semua produk hewani berkadar lemak tinggi dapat meningkatkan kadar estrogen dan prolaktin yang berakumulasi, sehingga bisa memicu kanker payudara dan kanker endometri.

Produk massal susu
Produk ini juga perlu dihindari, karena tidak sedikit peternak menyuntikkan hormon dan bahan kimia ke tubuh sapi untuk meningkatkan produksi susu mereka. Saat produk susu ini dikonsumsi manusia, kandungan hormon dan bahan kimia ini bisa menumpuk di dalam tubuh manusia dan memicu kanker payudara.

Pemanis buatan
Pemanis buatan seperti aspartame dan sucralose dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Bahan pangan ini bisa meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.

Tokopedia