Peneliti Harvard Sebut Penggunaan Power Point Tidak Efektif

Ilustrasi khlayak mengantuk saat mendengar presentasi (Kimyakariyerim.com)
14 Juli 2017 16:30 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Sejumlah peneliti dari Harvard University menilai penggunaan Power Point saat presentasi dinilai tidak efektif.

Solopos.com, SOLO – Penggunaan Microsoft Power Point sebagai sarana presentasi merupakan hal yang lazim dilakukan. Seperti diketahui Power Point merupakan media presentasi visual yang diandalkan dalam berbagai keperluan, khususnya bagi dosen dan pekerja kantoran.

Seorang dosen bisanya akan menyampaikan materi lewat Power Point guna memudahkan proses pembelajaran. Sementara pekerja kantoran  membuat Power Point untuk mempresentasikan rencana kerja saat rapat. Namun, sejumlah peneliti dari Harvard University, Amerika Serikat menilai penggunaan aplikasi tersebut tidak efektif.

Dikutip Solopos.com dari Forbes, Kamis (13/7/2017), pihak pengelola kampus Harvard telah melarang dosen dan mahasiswa memakai Power Point sebagai media presentasi. Pasalnya aplikasi tersebut dinilai tidak mampu mentransfer informasi dengan baik. Sejumlah peneliti dari salah satu kampus terbaik di dunia itu menyebut presentasi verbal jauh lebih baik daripada menggunakan Power Point.

Lebih lanjut tim peneliti dari Harvard University berpendapat, menyampaikan presentasi lewat Power Point cenderung membosankan. Hal itu disebabkan lantaran pembicara akan berfokus pada materi yang telah dibuatnya dan jarang mengeksplor lebih jauh. Selain itu, efek visual yang dihasilkan Power Point malah membuat pendengar bicara mengantuk dan cepat bosan.

Pendengar biasanya akan menyepelekan si pembicara dan memilih bersantai. Hal itu terjadi lantaran materi yang Anda sampaikan bisa mereka baca ulang dengan meminta file presentasi tersebut. Jadi, Anda tentu akan membuang tenaga dan waktu secara sia-sia untuk menulis materi presentasi itu.

Semua pendapat itu disimpulkan dari hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh tim penelitian Harvard University. Berdasrakan hasil penelitian itu mereka menyebut Power Point bukan sarana terbaik untuk menyampaikan presentasi. Mereka menyarankan Anda melakukan presentasi secara verbal dengan membawa papan tulis untuk menjelaskan materi yang disampaikan.