TIPS KESEHATAN : Begini Cara Mudah Redakan Nyeri Haid

Foto ilustrasi: Selain cokelat, ada makanan lain yang bisa meredakan nyeri haid. (delish.com)
15 Juli 2017 02:00 WIB Astrid Prihatini Wisnu Dewi Lifestyle Share :

Redakan rasa nyeri akibat menstruasi dengan makanan ini. 

Solopos.com, SOLO -- Saat menstruasi, tidak sedikit wanita merasa nyeri dan kram di perut. Selain mengompres perut dengan botol berisi air hangat, rasa nyeri juga bisa diredakan lewat mengonsumsi makanan tertentu.

Ya! Ada sejumlah makanan memiliki efek jitu untuk meredakan nyeri menstruasi. Makanan yang tepat dapat membuat wanita merasa sedikit lebih baik dan nyaman.

Selama ini kita hanya mengenal cokelat sebagai makanan yang tepat dikonsumsi saat haid. Hal ini karena cokelat punya efek menakjubkan yaitu memicu pelepasan dopamin dan serotonin (hormon bahagia). Ini menjadikan cokelat sebagai makanan yang tepat saat dikonsumsi menstruasi. Meskipun begitu, kandungan gula pada cokelat perlu diwaspadai.

Lebih dari 50 persen wanita mengatakan konsumsi cokelat biasanya memicu kenaikan berat badan dengan cepat. Ada baiknya, pilih jenis cokelat yang tidak begitu manis, seperti cokelat hitam.

Jangan khawatir, ada makanan lain yang bisa Anda konsumsi untuk mengurangi nyeri. Dikutip dari huffingtonpost.co.uk, Kamis (13/7/2017), ada pilihan makanan lain yang cocok dimakan saat menstruasi.

1. Smoothies
Smoothies memberikan energi dan nutrisi. Anda dapat memasukkan apa pun yang Anda inginkan ke dalam smoothies lalu menuangkannya ke dalam mangkuk. Sajikan dengan topping yang menyenangkan. Misal, kacang-kacangan dan buah segar.

2. Kurma
Kurma merupakan sumber vitamin dan mineral. Saat menstruasi, Anda membutuhkan energi yang besar. Kurma mengandung gula murni dan sumber energi juga serat yang baik.

3. Avokad
Kandungan nutrisi yang kaya diperlukan saat menstruasi. Avokad menjadi salah satu pilihan terbaik yang dimakan.

4. Kentang dan apel
Kentang memiliki kandungan vitamin C tinggi yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apel juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selama menstruasi, Anda juga membutuhkan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

5. Jahe
Jahe adalah obat rasa sakit alami. Jika Anda mengalami rasa nyeri selama menstruasi, tambahkan jahe segar ke dalam jus, smoothies, dan teh.

Tokopedia