TIPS HIDUP SEHAT : 5 Manfaat Tidur Nyenyak Bagi Tubuh

Ilustrasi tidur dan bermimpi (Dailymail.com - Alamy)
20 Juli 2017 23:45 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips hidup sehat kali ini tentang lima manfaat tidur nyenyak bagi tubuh.


Solopos.com, SOLO – Tidur merupakan salah satu aktivitas penting dalam kehidupan manusia. Saat seseorang tidur, semua organ dalam tubuhnya yang telah bekerja keras sepanjang hari akan beristirahat. Waktu istirahat ini sangat penting untuk menjaga tubuh tetap bugar keesokan harinya.

Sayangnya, masih ada saja orang yang memilih begadang dan memangkas waktu tidur mereka. Orang dewasa setidaknya membutuhkan waktu tidur selama enam sampai delapan jam. Jika kurang dari itu maka seseorang akan lemas dan lebih mudah terserang penyakit.


Nah mulai sekarang, meski belum lelah Anda tetap harus memperhatikan kualitas tidur. Sebab, tidur yang nyenyak berkualitas akan membuat badan menjadi bugar. Selain itu, masih ada banyak manfaat yang akan Anda rasakan saat kualitas tidur terjaga dengan baik. Mau tahu apa sajakah manfaat tidur nyenyak bagi kesehatan tubuh? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Pop Sugar, Kamis (20/7/2017), berikut ini:


Meningkatkan daya ingat


Sering lupa? Hal itu mungkin disebabkan oleh kualitas tidur yang buruk. Sejumlah hasil penelitian menyebutkan cukup tidur mampu meningkatkan daya ingat. Tidur terbukti ampuh meningkatkan memori otak jangka pendek. Oleh sebab itu, sebaiknya tidurlah setelah melakukan kerja otak seperti membaca atau menghafal sesuatu. Segala yang Anda baca dan hafalkan akan terekam dengan jelas di otak setelah bangun tidur.


Memperbaiki mood


Kurang tidur bisa membuat suasana hati seseorang buruk hingga depresi. Hal ini tentu akan memengaruhi aktivitasnya selama satu hari penuh. Tak jarang, mood yang sedang tak baik membuat orang lain merasa tak nyaman dengan keberadaan Anda. Sebab, seseorang yang sedang tidak mood biasanya cenderung diam dan memasang muka masam. Nah, setelah seharian bekerja berbaringlah di kasur dan pejamkan mata sampai terlelap. Pasalnya, tidur mampu memperbaiki suasana hati yang buruk dan membuat Anda lebih bahagia.


Memperpanjang usia


Tidur yang cukup dan berkualitas akan memperpanjang usia. Sebab, saat tidur semua organ tubuh akan beristirahat dari pekerjaan melelahkan. Tapi, bukan berarti Anda harus tidur dalam waktu yang lama. Hal itu justru akan membuat bobot tubuh meningkat yang menyebabkan berbagai macam penyakit.


Memacu kreatifitas


Orang yang cukup tidur biasanya lebih kreatif. Hal itu terjadi lantaran otak mendapat waktu istirahat yang cukup. Selain memperkuat ingatan, tidur juga memperkuat komponen memori yang memicu proses berpikir kreatif. Oleh sebab itu, setelah seharian bekerja pastikan Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.


Menstabilkan berat badan


Kurang tidur ternyata mengganggu proses metabolisme yang memengaruhi berat badan seseorang. Jika sedang diet jangan hanya perhatikan asupan makanan. Anda juga harus memperhatikan waktu tidur. Para peneliti dari University of Chicago, Amerika Serikat, mengatakan, diet akan berhasil saat seseorang mendapat waktu tidur yang cukup. Cukup tidur membuat seseorang kehilangan lemak 56 persen lebih banyak dari yang biasa begadang. Sebab, saat begadang biasanya hormon pemicu lapar dalam tubuh seseorang akan meningkat.