TIPS KESEHATAN : Usia 30 Tahun, Usia Emas Wanita Lahirkan Anak Pintar

Foto ilustrasi: Berdasarkan hasil penelitian usia emas untuk melahirkan anak pintar adalah saat wanita berusia 30 tahun. (freepik.com)
21 Juli 2017 00:35 WIB Redaksi Solopos Lifestyle Share :

Berdasarkan penelitian usia emas melahirkan anak pintar adalah saat wanita menginjak umur 30 tahun.

Solopos.com, SOLO -- Pada umumnya wanita menikah di usia 20-an tahun, lalu memiliki anak di usia yang hampir sama juga. Namun tahukah Anda kapan usia terbaik memiliki anak?

Sebuah studi yang dilakukan London School of Economics, usia emas wanita melahirkan anak pintar adalah saat wanita menginjak usia 30-an tahun. Kesimpulan ini didapat setelah peneliti menganalisis data dari Millennium Cohort Study.

Peneliti memantau perkembangan sekitar 18.000 anak-anak Inggris dalam waktu tertentu untuk mengetahui pengaruh usia ibu terhadap tumbuh kembang anak. Ternyata anak yang lahir dari wanita berusia 30-an tahun lebih cerdas.

Hal ini terlihat dalam uji kognitif. Skor anak-anak ini lebih tinggi dibanding anak yang lahir dari ibu yang melahirkan saat berusia 20-an atau 40-an tahun.

"Pertama kali menjadi ibu di usia 30-an tahun cenderung memiliki pendidikan yang baik, pendapatan lebih tinggi, hubungan stabil, gaya hidup sehat, dan telah merencanakan kehamilan," terang peneliti Alice Goisis seperti dikutip laman Good Housekeeping, belum lama ini.

Sementara wanita yang melahirkan saat berusia 40-an tahun cenderung memiliki anak obesitas. Hal ini disebabkan para ibu ini cenderung jarang bermain dengan anak-anak mereka dibanding ibu yang berusia lebih muda.

Tokopedia