TIPS KECANTIKAN : 8 Hal Ini Bikin Rambut Rusak dan Rontok

Foto ilustrasi: Ketahui penyebab rambut rusak dan rontok. (avivahair.com)
22 Juli 2017 07:00 WIB Astrid Prihatini Wisnu Dewi Lifestyle Share :

Tips kecantikan kali ini membahas penyebab rambut rusak dan rontok.

Solopos.com, SOLO -- Rambut merupakan mahkota bagi wanita.  Rambut rontok, berketombe, hingga bercabang adalah masalah utama bagi sebagian besar wanita. Sering kali mereka tidak mengetahui hal apa saja yang bisa membuat rambut rusak dan rontok. Mengikat rambut setiap hari juga bisa membuat rambut kekurangan oksigen dan menjadi rusak.

Memiliki rambut yang tebal, panjang, lembut, tentunya menjadi idaman para wanita di dunia. Untuk bisa mendapatkan hal tersebut tentu dibutuhkan perawatan yang khusus dan tidak sembarang. Terkadang tanpa disadari para wanita melakukan berbagai hal pada rambutnya yang ternyata itu dapat membuat kondisi rambut mereka menjadi lebih buruk dan menjadi rusak.

Tentunya Anda tidak ingin rambut kesayangan Anda menjadi rusak karena hal-hal yang kurang mendapat perhatian bukan?
Jangan sampai melakukan kesalahan untuk mahkota Anda. Jadi apa saja perlakuan yang ternyata dapat membuat rambut menjadi tampil buruk? Berikut ulasannya seperti yang dilansir dari laman Boldsky, belum lama ini.

Mencuci rambut setiap hari
Sebisa mungkin hindari mencuci rambut setiap hari. Mungkin Anda berpikir mencuci rambut setiap hari akan membuatnya menjadi bersih dan sehat. Sayangnya Anda keliru. Minyak alami yang dihasilkan oleh rambut akan hilang dan membuatnya menjadi kering. Cukup cuci rambut Anda dua kali sepekan untuk menjaganya agar tidak kering.

Terlalu banyak bahan kimia
Terlalu sering mewarnai rambut, menggunakan sampo, dan menggunakan serum dapat merusak akar pada rambut berkilau Anda. Hal ini dapat merusak pertumbuhan rambut dan dapat meningkatkan masalah pada rambut indah Anda.

Terlalu sering terkena panas
Dalam hal ini panas yang dimaksud bukan hanya pada penggunaan hair dryer, tetapi bisa juga pada pelurus rambut atau yang biasa disebut dengan catokan rambut. Terkadang mungkin Anda ingin tampil cantik dengan rambut lurus atau keriting, untuk itu Anda menggunakan catokan rambut setiap akan pergi keluar rumah.

Tampilan ini hanya dapat membuatnya terlihat cantik di luar, namun kenyataannya terlalu sering membuat rambut terpapar panas akan membuatnya menjadi tidak sehat dan menjadi buruk.

Menyisir saat rambut basah
Setelah Anda mencuci rambut, usahakan jangan menyisirnya disaat masih basah. Kondisi ini dapat membuat rambut Anda menjadi bercabang dan akar rambut menjadi lemah.

Perokok pasif
Menjadi perokok pasif sungguh dapat merugikan diri Anda. Jika berada di lingkungan perokok, segeralah keluar dari tempat tersebut. Selain dapat mengganggu sistem pernafasan, asap rokok juga dapat merusak kesahatan kulit rambut Anda. Asap yang tebal bisa membuat rambut menjadi kering dan berubah menjadi abu-abu

Mencuci rambut dengan air panas
Jika Anda terbiasa mandi dengan air panas, cobalah untuk menghindarinya pada bagian kepala. Mencuci rambut dengan air panas dapat membuat minyak rambut hilang dan menjadi penyebab utama munculnya ketombe.

Menggaruk rambut
Terlalu sering menggaruk rambut dengan alasan gatal atau sekedar memijatnya dapat menyebabkan rambut menjadi rontok karena dapat merusak akar. Di sisi lain, kebiasaan ini juga dapat menimbulkan bekas luka di kulit kepala.

Menyanggul atau mengikat rambut terlalu kencang
Bagi para wanita yang suka dengan gaya rambut sanggul atau ekor kuda, waspadalah jika menggunakan gaya ini. Sanggul atau ikatan yang terlalu ketat dapat menjadi salah satu hal yang merusak rambut.

Terutama jika Anda menggunakannya di saat tidur pada malam hari. Nah setelah mengetahui hal-hal apa saja yang bisa merusak rambut indah Anda, sebaiknya dihindari ya!

Tokopedia