TIPS KEHAMILAN : Ingin Babymoon Nyaman dan Berkesan? Persiapkan 5 Hal Ini

Ilustrasi babymoon (greeka.com)
22 Juli 2017 20:15 WIB Mahardini Nur Afifah Lifestyle Share :

Tips kehamilan ini terkait persiapan babymoon.

Solopos.com, SOLO -- Sejumlah pasangan menyambut kelahiran buah hati mereka dengan pelesiran sekalian berbulan madu (babymoon). Liburan rileks ini dilakukan sebelum kesibukan baru pasangan menyandang gelar dengan status baru sebagai ayah dan ibu.

Buat pasangan yang ingin pergi babymoon, thebump.com merangkum beberapa tips supaya bulan madu kedua dengan perut buncit tetap berkesan dan bebas rasa cemas hingga masa persalinan tiba:

1. Destinasi
Beberapa pasangan umumnya mengawali babymoon dengan perjalanan ke beberapa destinasi lokal populer. Tapi ada juga yang sejak awal kehamilan telah memilih tempat tujuan pelesiran bulan madu sesuai kemampuan dan impiannya, ke luar negeri misalnya. Dimana pun tujuan perjalanan babymoon sejatinya tidak terlalu penting, yang paling utama calon ayah dan ibu bisa rileks dan membangun kedekatan berdua.

2. Keamanan Destinasi
Saat ini beberapa negara dianggap berbahaya untuk destinasi perjalanan ibu hamil. Sebelum menentukan tujuan perjalanan, ada baiknya pasangan mengecek kondisi di lokasi tujuan. Misalnya, negara yang tengah merebak virus Zika atau penyakit berbahaya lainnya. Sebelum yakin berangkat babymoon bersama pasangan, ada baiknya mempelajari kabar terbaru di sekitar destinasi untuk berjaga-jaga.

3. Minimalkan Waktu Tempuh
Pilih destinasi yang waktu tempuh perjalanannya tidak butuh ekstra perjuangan. Berkendara atau roadtrip bareng pasangan lebih dari 12 jam tentu kurang nyaman buat ibu hamil. Kalau pun memilih jalur udara, cek terlebih dulu aturan maskapai. Beberapa maskapai menerapkan aturan pembatasan terbang bagi ibu hamil maksimal di usia kehamilan 36 pekan. Demikian juga dengan aturan pelayaran. Beberapa kapal layar membatasi waktu kehamilan yang diperbolehkan berlayar bervariasi mulai 24 pekan sampai 27 pekan.

4. Waktu Babymoon
Trimester kedua menjadi waktu paling nyaman untuk babymoon. Biasanya, keluhan mual di trimester pertama sudah berlalu dan masa ketidaknyamanan yang dialami ibu hamil akibat perubahan hormon sudah lewat. American College of Obstetrics and Gynecology menyebut waktu paling aman pelesiran bagi ibu hamil antara masa kehamilan 18 pekan sampai 24 pekan.

5. Konsultasi dengan Dokter
Bersenang-senang merayakan kehamilan sah-sah saja. Asalkan, jangan kebablasan. Untuk menjaga hal yang tidak diinginkan, sebisa mungkin pasangan tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum menyusun rencana perjalanan babymoon. Pasangan juga perlu berkonsultasi terkait pemberian vaksin apabila destinasi yang dituju rawan sebuah wabah penyakit. Selain itu, usahakan memilih destinasi yang memiliki fasilitas medis untuk berjaga-jaga.

Untuk menjaga kebugaran selama traveling, coba untuk membuat sirkulasi darah tetap terjaga. Ibu hamil diminta untuk meregangkan otot paling tidak setiap satu atau dua jam. Upayakan untuk tidak menyilangkan kaki atau menggantung kaki terlalu lama supaya penopang tubuh tidak gampang kram dan bengkak.

Tokopedia