TIPS KESEHATAN : Me Time Cegah Ibu Alami Stres

Foto ilustrasi: Me time penting bagi ibu agar ibu terhindar dari stres. (freepik.com)
23 Juli 2017 01:00 WIB Astrid Prihatini Wisnu Dewi Lifestyle Share :

Tips kesehatan ini membahas pentingnya me time untuk ibu.

Solopos.com, SOLO-Seorang ibu lebih butuh me time alias waktu untuk diri sendiri dibanding seorang ayah. Meluangkan sedikit waktu dengan memanjakan diri sendiri mencegah ibu dari stres. Me time bisa diisi dengan melakukan perawatan di salon, atau menyerahkan pekerjaan rumah ke suami sementara waktu.

Hampir setiap hari, semua waktu yang ibu punya dia pakai untuk mengurus anak, rumah, dan tak jarang pekerjaan. Jika ibu stres, semua pekerjaan yang biasa mereka lakukan dengan sangat baik jadi berantakan.

Coba satu kali saja menjadi individu egois. Lebih memprioritaskan diri sendiri ketimbang orang lain. Ibu tidak perlu takut, apalagi sampai merasa bersalah.

"Jika Anda adalah 'mesin utama’ di rumah, sangat penting untuk me time atau merawat diri sendiri," ujar Chief Executive dari Parent Coaching Academy, Lorraine Thomas, dikutip dari situs Web MD , belum lama ini.

Lorraine menambahkan harga dari sebuah me time jauh lebih mahal dari barang mewah yang mungkin sulit suami berikan. Dan me time adalah sebuah keharusan, tanpa perlu merasa tidak enak dan bersalah.

Ibu harus tahu bahwa me time bermanfaat untuk psikologis dan fisik Anda. Sesudah memanjakan diri sendiri, tubuh Anda merasa jauh lebih segar dan bahagia.

"Ini semua tentang menjaga rasa yang baik dari diri sendiri. Jika Anda tidak mengambil me time, Anda mudah sekali marah dan emosian," ujar Pakar Kesejahteraan Diri dari AS, Naomi Martell-Bundock.

Ibarat baterai ponsel yang harus diisi saat daya mulai menurun, Anda butuh me time setelah menyerahkan diri sepenuhnya untuk mengurus keluarga. "Sangat penting untuk mengambil me time. Bahkan, jika itu hanya dilakukan setengah jam sepekan," ujar Lorraine menekankan.